Sabtu, 23 Nov 2019
  • Home
  • Headlines
  • Dihadiri Ribuan Orang, Pesta Bona Taon Raja Panjaitan se-Tobasa Meriah

Dihadiri Ribuan Orang, Pesta Bona Taon Raja Panjaitan se-Tobasa Meriah

*Trimedya Panjaitan : Kita Harus Satu Hati, Satu PIkiran dan satu Tujuan, * Binahar Panjaitan Ajak Seluruh Pomparan Panjaitan dan Tuan Ni Bangarna Dukung dan Menangkan Trimedya
Selasa, 04 Maret 2014 09:35 WIB
Sib/br6
Ketua Umum Panitia Bona Taon Panjaitan 2014 yang juga Wakapolres Tobasa, Kompol Bernhart Panjaitan MM, Ketua BKD DPR RI Trimedya Panjaitan SH MH, Juanda Panjaitan dan ketua Pelaksana Syukuran Binahar Panjaitan serta rombongan melakukan acara prosesi usai
Tobasa (SIB)- Caleg DPR RI PDI Perjuangan dari Daerah Pemilihan Sumut 2 Trimedya Panjaitan SH MH mengungkapkan, orang-orang yang bersaudara harus mau satu hati, satu pikiran dan satu tujuan. Termasuk dalam menyelenggarakan Pesta Bona Taon Pomparan Raja Panjaitan, sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan atas penyertaan dan limpahan berkatNya selama tahun 2013, dan kiranya tahun 2014 ini jadi tahun kesuksesan bagi Panjaitan.

Demikian diutarakan  Trimedya Panjaitan dalam sambutannya pada pesta syukuran Bona Taon Raja Panjaitan, Boru, Bere, Ibebere se Kabupaten  Toba Samosir   (Tobasa) tahun 20014 yang berlangsung meriah, Sabtu (1/3) di Komplek Monumen Pahlawan Revolusi Mayor Jenderal TNI (Anumerta) DI Panjaitan. Syukuran tersebut dihadiri sekitar 2500 pomparan Raja Panjaitan dari seluruh pelosok desa di Tobasa dan  undangan dari daerah lain.

Trimedya mengatakan, Pomparan Raja Panjaitan saat ini sudah banyak yang sukses dan berhasil di perantauan. Di Jakarta, di lingkungan TNI/POLRI sudah ada satu orang marga Panjaitan berpangkat Brigader Jenderal, enam Kolonel dan 16 Letnan Kolonel. Di Polda Sumatera Utara, tiga orang direktur. Dan Oktober nanti, jika tidak salah, lanjut Trimedya, Letjen TNI Hotmaraja Panjaitan, putra kandung dari  Pahlawan Revolusi DI Panjaitan, akan berangkat ke Prancis untuk mengemban tugas negara sebagai Duta Besar Indonesia. "Ini semua adalah berkat dari Tuhan kepada Pomparan Raja Panjaitan yang  harus kita syukuri agar di masa mendatang kian banyak generasi Panjaitan yang diberkati," ujarnya.

 Trimedya mengharapkan Pesta Bona Taon seperti ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya supaya rasa persaudaraan Pomparan Raja Panjaitan kian kuat dan solid. Harapan ini disampaikannya, karena menurut anggota DPR RI ini, Pomparan Raja Panjaitan yang di perantauann punya program, salah satu di antaranya di bidang sosial yaitu memperhatikan Pomparan Raja Panjaitan yang kurang mampu dari segi ekonomi. Untuk itu Ketua Badan Kehormatan DPR RI ini mengharapkan supaya Pengurus  Punguan Raja Panjaitan, khususnya Tobasa, membuat database Pomparan Raja Panjaitan, Boru, Bere dan Ibebere se Tobasa.

"Pomparan Raja Panjaitan harus marsitungkol-tungkolan, itu artinya ada punguan. Dalam urusan apapun, asal menyangkut masa depan dan kemajuan  Pomparan Raja Panjaitan hendaknya saling membantu," ujarnya seraya menyampaikan demi kelancaran organisasi Punguan Pomparan Raja Panjaitan di daerah tersebut, dia siap membantu biaya sewa kantor  sekretariat selama dua tahun.

Di bidang politik, Trimedya mengatakan sudah waktunya Panjaitan menjadi bupati di Tobasa, salah satunya seperti figur Ketua DPRD Tobasa. Sahat Panjaitan, yang dinilai memiliki potensi untuk didukung.  "Tapi jika tidak ada yang maju dari Panjaitan, kita ke Tuan Ni Bangarna. Di sini ada Darwin Siagian. Tapi tunggu dulu Pak Darwin, jika tidak ada lagi dari Panjaitan ya, Pak," katanya berseloro.

Ketua Punguan Raja Panjaitan Tobasa, Drs Jamel Panjaitan mengutarakan,  Trimedya Panjaitan adalah salah satu ikon bagi marga Panjaitan. Sebagai ikon pada Pesta Bona Taon ini, tidak lepas dari dukungan Trimedya dan rombongan. "Karena itu kita harus bangga sebagai Panjaitan," ujarnya disambut tepukan tangan dari semua hadirin.

Jamel menyebutkan, subtema Pesta Bona Taon Panjaitan, Boru, Bere, Ibebere ini adalah "Marhite Pesta Pomparan Raja Panjaitan Pasadahon Hasadaon Membangun Toba Samosir yang Sejahtera (Tampakna do rantosna rimni tahi do gogona). Menurut Jamel sub tema ini sama dengan motto Kabupaten Tobasa. Artinya  marga Panjaitan satu ide dengan pemerintah daerah dalam membangun Tobasa.

Oleh sebab itu, Kepala  Dinas Pemuda dan Olah Raga Tobasa ini mengajak Pomparan Raja Panjaitan terus membangun persatuan dan kesatuan yang  dilandasi pemikiran dan tujuan yang sama terutama berdasarkan kasih dari Tuhan sehingga tumbuh rasa saling membutuhkan  ibarat mata dengan tangan. "Jika mata sakit dan air mata menetes, tangan langsung mengusap. Sebaliknya bila tangan sakit, mata melihat," ujarnya seraya mengajak seluruh Pomparan Raja Panjaitan bersyukur kepada Tuhan, karena atas berkatNya marga Panjaitan bisa maju dan sukses di berbagai bidang seperti saat ini. Tidak lepas pula pada kesempatan itu Jamel Panjaitan mengucapkan terimakasih atas perhatian serta bantuan Bupati Tobasa kepada Panitia Pesta BonaTaon Raja Panjaitan se Tobasa.

Sebelumnya, Ketua Panitia Syukuran Bona Taon Raja Panjaitan se Tobasa, Kompol Benhart Panjaitan menyampaikan pesan bahwa jika ada yang kurang berkenan dalam acara pesta syukuran itu kiranya tidak memunculkan opini negatif bagi punguan (perkumpulan,red) ini kepada orang lain. "Jika ada masalah pribadi di punguan kita ini, kiranya jangan membawa ke punguan apalagi keluar punguan, dan hendaknya dapat diselesaikan secara kekeluargaan. Bersatulah Panjaitan, Boru, Bere dan Ibebere yang ada di Kabupaten Toba Samosir ini. Marsimanin-aminan jala marsitukkol-tukkolan ma hita songon lappak ni gaol”, ajak Benhart  yang sehari-harinya bertugas sebagai Wakapolres Tobasa ini penuh harap.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Panitia Syukuran Bona Taon Raja Panjaitan se Tobasa, Binahar Panjaitan, mengajak seluruh Pomparan Panjaitan Tobasa dan kabupaten/kota lainnya yang tergabung dalam daerah pemilihan II Sumut untuk turut berpartisipasi mendukung dan memenangkan Trimedya Panjaitan pada pemilihan legislatif mendatang untuk duduk kembali di kursi DPR RI. Secara umum Binahar juga mengharapkan doa dan dukungan dari seluruh Pomparan Tuan Ni Bangarna dalam rangka memenangkan Trimedya. Menurutnya figur Trimedyia sangat layak didukung karena sudah teruji kepeduliannya bagi keberlangsungan hidup masyarakat Tapanuli.

Dalam pesta syukuran bona taon itu tampak   hadir rombongan anak rantau bersama Trimedya Panjaitan, di antaranya Samuel Panjaitan, Tarianus Panjaitan, Marudut Liberty Panjaitan, Ketua Umum Punguan Raja Panjaitan Kota Medan Prof DR Binsar Panjaitan, Sumihar Panjaitan, David Panjaitan, Darwin Siagian, Toga Panjaitan, Ojahan Panjaitan, Sarma Hutajulu, Pdt Jarudin Panjaitan, Anggiat Panjaitan, Ketua Punguan Raja Panjaitan Labuhanbatu, Ketua Punguan Raja Panjaitan Tebing Tinggi Abdul Panjaitan dan Juanda Panjaitan yang juga turut memberikan bantuan materi kepada panitia dengan jumlah bervariasi.

Adapun rangkaian acara syukuran tersebut diawali dengan berziarah ke tugu Raja Panjaitan di Onan Raja Balige. Usai ziarah, seluruh Pomparan Raja Panjaitan itu melakukan acara prosesi menuju lokasi pesta di monumen Jend DI Panjaitan Balige, kebaktian, makan bersama, hiburan dan luckydraw.(BR6/c)

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments