Senin, 10 Agu 2020
  • Home
  • Headlines
  • Deisti Akui Kembalikan Rp5 M ke KPK Ganti Duit Munaslub Golkar

Deisti Akui Kembalikan Rp5 M ke KPK Ganti Duit Munaslub Golkar

Rabu, 05 September 2018 11:26 WIB
Jakarta (SIB)- Istri Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor, mengaku sudah mengembalikan Rp 5 miliar ke KPK. Duit itu sebagai ganti duit haram yang diduga dipakai untuk Munaslub Partai Golkar sebagaimana disampaikan keponakan Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo.

Hal itu terungkap ketika pengacara Irvanto, Waldus Situmorang, membacakan berita acara pemeriksaan (BAP) kliennya. Dalam BAP itu disebutkan adanya uang proyek e-KTP dari Andi Agustinus alias Andi Narogong yang dipakai Irvanto untuk Munaslub Golkar.

"BAP terdakwa ada soal uang Munaslub yang gunakan uang dari Pak Andi," kata Waldus dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Selasa (4/9).

"Apakah Ibu tahu bahwa uang untuk Munaslub Rp 5 miliar sudah diselesaikan ke KPK?" sambung Waldus bertanya kepada Deisti.

Deisti mengaku sudah mengembalikan uang itu ke KPK. Waldus kembali menanyakan soal siapa yang menyerahkannya ke KPK, Deisti atau Novanto.
"Saya yang sampaikan, Rp 5 miliar," tutur Deisti.

Dalam perkara ini, Irvanto didakwa turut melakukan korupsi proyek e-KTP. Selain Irvanto, orang kepercayaan eks Ketua DPR Setya Novanto, yaitu Made Oka Masagung, juga didakwa bersama-sama dengan Irvanto, yang merupakan keponakan Setya Novanto.

Irvanto dan Made Oka juga disebut berperan sebagai perantara pembagian duit haram dari proyek itu. Baik Irvanto maupun Made Oka disebut jaksa menerima uang yang ditujukan bagi Novanto.

Prihatin
Saat ditanya wartawan usai sidang, Deisti mengaku prihatin dengan nasib kolega suaminya, Idrus Marham yang kini mendekam di rumah tahanan (rutan) KPK terkait kasus suap PLTU Riau-1.

"Saya prihatinlah," kata Deisti.

Dulu ketika Novanto menjalani persidangan, Deisti beberapa kali kedapatan duduk bersama Idrus di kursi pengunjung sidang. Saat itu Idrus menjabat sebagai Menteri Sosial.

"Pak Idrus orang baik," ucap Deisti. (detikcom/h)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments