Selasa, 19 Nov 2019
  • Home
  • Headlines
  • DPRDSU Minta Pemprovsu Percantik Pintu Masuk Bandara Sisingamangaraja XII

DPRDSU Minta Pemprovsu Percantik Pintu Masuk Bandara Sisingamangaraja XII

* Bangun Jalan Setapak di Pinggir Danau Toba Hubungkan 4 Desa di Taput
admin Senin, 04 Februari 2019 11:44 WIB
SIB/INT
Ilsutrasi
Medan (SIB)-Anggota DPRD Sumut Dapil IX wilayah Tapanuli Samsul Sianturi SH mendesak Pemprovsu dan Pemkab Taput (Tapanuli Utara) mempercatik atau memperindah pintu masuk antara Bandara Sisingamangaraja XII di Silangit menuju kawasan Pantai Danau Toba yang ada di Kecamatan Muara Taput agar wisatawan tertarik dan betah berlama-lama di daerah itu.

"Sebaiknya tata dengan baik dan indah, terutama kebersihannya di sepanjang jalan menuju Muara. Lahan-laha tidur dan belukar sebaiknya dibersihkan, untuk dijadikan areal pertanian oleh masyarakat," ujar Samsul Sianturi kepada wartawan, Sabtu (2/2) di Medan seusai melakukan kegiatan Reses di Taput.

Jika lahan tidur itu dimanfaatkan tandas Samsul, bisa menjadi dua fungsi bagi masyarakat, yakni memiliki desa yang bersih dan indah sekaligus menambah pendapatan masyarakat dari hasil pertanian mengelola lahan tidur, sehingga tercapai apa yang dicita-citakan pemerintah menjadikan Danau Toba daerah objek wisata dan kawasan strategis nasional.

Selain itu, anggota Komisi D ini juga menerima aspirasi masyarakat Desa Silalitoruan Kecamatan Muara yang merupakan salah satu destinasi wisata Danau Toba, agar Pemkab Taput memberikan pendidikan/les bahasa Inggris kepada masyarakat, untuk memudahkan berkomunikasi dengan wisatawan asing yang kerap mengunjungi kawasan itu.

"Pendidikan bahasa Inggris ini perlu lebih ditingkatkan, mulai dari tingkat SD atau dengan menyediakan pusat belajar (study center) yang bersifat umum dan khusus di Desa Silalitoruan, agar para generasi penerus kelak dari desa itu sangat faham berbahasa Inggris," tegas Samsul.

Jalan Setapak
Di bagian lain kegiatan resesnya, Samsul juga menerima usulan dari masyarakat agar Pemprovsu Cq Dinas BMBK (Bina Marga dan Bina Konstruksi) Sumut maupun Pemkab Taput untuk membangun jalan setapak lewat pinggiran Danau Toba untuk menghubungkan 4 desa di Kecamatan Muara Kabupaten Taput (Tapanuli Utara) sepanjang 8 Km guna menghindari keterisoliran, sekaligus mendukung BODT (Badan Otorita Danau Toba).

"Masyarakat dari 4 desa tersebut (Desa Batubinimbun, Desa Simatupang, Desa Sitanggor dan Desa Hunte Mungkur) sangat mengharapkan pembangunan jalan setapak itu, guna menghubungkan antar 4 desa sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat," ujar Samsul sembari meminta Pemprovsu maupun Pemkab Taput untuk segera membangun jalan setapak dimaksud.(A03/d)

T#gs DPRDSU Minta Pemprovsu Percantik Pintu Masuk Bandara Sisingamangaraja XII
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments