Senin, 09 Des 2019
  • Home
  • Headlines
  • DPRDSU: Jalan Simpang Tahura-Tongkoh-Tigapanah Karo Ditingkatkan Statusnya Jadi Jalan Provinsi

DPRDSU: Jalan Simpang Tahura-Tongkoh-Tigapanah Karo Ditingkatkan Statusnya Jadi Jalan Provinsi

* Bupati Karo Minta Dinas BMBK Sumut Perbaiki, Jangan Biarkan Jalan "Status Quo"
admin Sabtu, 15 Juni 2019 09:27 WIB
Ilustrasi
Medan (SIB) -Tim XI DPRD Sumut menegaskan, jalan simpang Tahura (Taman Hutan Raya Bukit Barisan) menuju Desa Tongkoh-Desa Sukanalu-Tigapanah Kabupaten Karo sepanjang 13 Km sudah ditingkatkan statusnya dari jalan kabupaten menjadi jalan provinsi, sehingga perbaikan jalan yang kondisinya saat ini rusak parah, menjadi tanggungjawab Pemprov Sumut.

Hal itu ditegaskan Ketua Tim XI DPRD Sumut Dapil Karo, Dairi dan Pakpak Bharat Siti Aminah Peranginangin kepada wartawan, Jumat (14/6) melalui telepon seusai melakukan pertemuan dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana, Kepala Bappeda Karo Nasib Sianturi dan sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Karo.

Menurut penjelasan Bupati Karo, jalan satu-satunya yang menghubungkan Jalan Jamin Ginting dari Simpang Tahura Desa Tongkoh menuju jalan nasional di Kecamatan Tigapanah, saat ini statusnya sudah ditingkatkan menjadi jalan provinsi, sehingga besar harapan Pemkab Karo agar infrastruktur jalan itu segera diperbaiki dari kerusakan.

"Kondisi jalan itu sekarang rusak-parah, sehingga besar harapan kami kepada Dinas BMBK (Bina Marga dan Bina Konstruksi) Sumut segera memperbaikinya, karena peningkatan jalan itu sudah keluar SK-nya dari Gubernur Sumut," ujar Terkelin.

Menurut Terkelin dan Nasib Sianturi, dengan keluarnya SK Gubernur Sumut menyangkut peningkatan status jalan tersebut menjadi jalan provinsi, tentu Pemkab Karo tidak berani lagi memperbaikinya atau mengalokasikan anggaran pembangunanya di APBD Karo.

"Kita berharap Dinas BMBK Sumut bergerak cepat mengalokasikan anggaran perbaikan jalan dimaksud di APBD Sumut. Jangan biarkan kondisi jalan dalam "status quo" atau tanpa ada yang membangun, sehingga kerusakan jalan semakin berlarut-larut," tegas Terkelin.

Dalam pertemuan itu, Tim XI DPRD Sumut Siti Aminah, Layari Sinukaban dan Toni Togatorop mendesak Dinas BMBK Sumut untuk mengusulkan anggaran perbaikannya ke Banggar eksekutif maupun legislatif, agar bisa "dikawal" pengalokasiannya di APBD Sumut TA 2020.

Menanggapi desakan dewan, UPT Dinas BMBK Sumut di Karo mengatakan, anggaran pembangunan Jalan Provinsi Simpang Tahura-Tongkoh-hingga Tigapanah tersebut sudah diusulkan agar ditampung di APBD 2020. "Sudah kita rencanakan perbaikan jalan itu pada 2020," katanya. (M03/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments