Senin, 14 Okt 2019
  • Home
  • Headlines
  • DPRD Sumut: Target Jalan Provinsi "Mantap" 2018 di Sumut Hanya Mimpi

DPRD Sumut: Target Jalan Provinsi "Mantap" 2018 di Sumut Hanya Mimpi

admin Selasa, 28 Mei 2019 08:56 WIB
SIB/Dok
Medan (SIB) -Anggota DPRD Sumut menilai, target Dinas BMBK (Bina Marga dan Bina Konstruksi) Sumut menjadikan jalan provinsi di Sumut "mantap" 88 persen pada 2018 dikhawatirkan hanya mimpi.

Penilaian itu diungkapkan Ketua F-PDI Perjuangan DPRD Sumut Baskami Ginting, anggota F-PKB Zeira Salim Ritonga dan Penasehat FP Gerindra Robert Tobing kepada wartawan, Sabtu (25/5) ketika dihubungi melalui telepon di Medan.

"Kita melihat, target Dinas BMBK Sumut pada 2018 untuk menjadikan jalan-jalan di Sumut mantap 88 persen hanya mimpi, karena sebahagian besar jalan provinsi kondisinya rusak parah. Misalnya jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Tapteng menuju Tapsel, jalan yang menghubungkan Tapteng ke batas Provinsi NAD," ujar Robert.

Begitu juga jalan provinsi menuju destinasi wisata yang sudah dikenal dunia, yakni jalan menuju objek wisata Bahorok Kabupaten Langkat, kondisinya rusak berat, menimbulkan keresahan bagi masyarakat pengguna jalan, kata Baskami menambahkan.

Selain itu, ujar Zeira Salim, jalan eks kabupaten yang statusnya sudah diubah menjadi jalan provinsi, masih banyak yang mengalami kerusakan dan sudah bertahun-tahun tidak tersentuh pembangunan. Akibatnya hampir seluruh badan jalan penuh dengan lubang-lubang besar.

Bahkan yang paling parah saat ini, tambah Zeira, di antaranya Jalan Sosopan jurusan Aek Godang Sibuhuan persisnya di Km 150, Jalan Sipiongot batas Tapsel, Sipiongot batas Labuhanbatu dan Jalan Aliaga Muara Tige hingga batas Riau.

"Terkait program perawatan jalan dan jembatan ini, baik yang bersifat pembersihan paret jalan, perbaikan gorong-gorong, perbaikan tebing jalan, perbaikan jalan longsor, pekerjaan "patching" atau tutup lubang maupun pengecatan dan perbaikan jembatan hendaknya jangan sembarangan, biar bisa bertahan lama," tegas Zeira dan Robert.

Berkaitan dengan itu, guna tercapainya target Dinas BMBK pada 2022 jalan-jalan di Sumut mantap dan mulus 100 persen, tandas Baskami, sebaiknya instansi yang menangani jalan ini bekerja secara maksimal memperbaiki seluruh jalan yang kondisinya rusak berat.

"Dalam dua tahun ini hendaknya jalan-jalan di Sumut sudah mantap dan mulus. Kita harapkan Dinas BMBK lebih fokus merancang anggarannya, agar bisa dialokasikan di APBD secara maksimal," tegas Baskami sembari meminta Pemprov Sumut memprioritaskan perbaikan jalan menuju tempat-tempat destinasi wisata, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Sumut.

TUGAS LUAR
Sementara itu, saat hendak dimintai tanggapan Kepala Dinas BMBK Sumut HM A Effendy Pohan MSi di kantornya di Jalan Sakti Lubis No. 7 Medan, Senin (27/5) siang, seperti biasa, kadis tidak berada di kantor.

Menurut petugas piket yang bertugas saat itu, Effendy Pohan sedang tugas di luar. "Informasinya pak kadis sedang mendampingi gubernur ke Langkat. Jadi tidak tau, apakah beliau pulang lagi. Sedangkan pejabat lainnya tidak mau memberikan komentar, karena takut salah," katanya. (M03/M11/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments