Minggu, 20 Sep 2020
  • Home
  • Headlines
  • Curi Uang Ratusan Juta dengan Modus Pecah Ban, 6 Pelaku Ditembak

Curi Uang Ratusan Juta dengan Modus Pecah Ban, 6 Pelaku Ditembak

redaksi Selasa, 05 November 2019 14:03 WIB
NgopiBareng.Id
Ilustri

Bandung (SIB)
Enam pelaku gembos ban di Bandung ditembak polisi karena melawan saat hendak ditangkap. "Mereka mencoba melawan dan melarikan diri saat kami amankan. Anggota berikan tindakan tegas dan terukur, mereka kami lumpuhkan," ujar Kapolsek Lengkong Kompol Kusna Jefridja, saat rilis penangkapan di Mapolsek Lengkong, Senin (4/11).


Keenam pelaku berinisial WJ, MP, YI, ME, RP dan EY. Penangkapan berawal dari laporan adanya tindak pencurian sejumlah uang. Ada tiga laporan yang masuk ke polisi, yakni di Jalan Suryalaya, Lengkong, Kota Bandung pada 7 Oktober 2019, di Jalan Gatot Soebroto, dan di Jalan Talaga Bodas, Kota Bandung.


Dari tiga laporan itu, para pelaku menggasak uang hingga ratusan juta rupiah. Para pelaku memilih targetnya yang baru saja mengambil uang dari bank.


Untuk melancarkan aksinya, para pelaku pun berbagi peran, ada yang berpura-pura jadi nasabah untuk mengincar korbannya. Ada yang menujuk kendaraan yang harus digembos bannya, ada yang berperan mengembos ban, serta ada pelaku yang menjadi eksekutor mencuri uang di dalam mobil.


Pada aksinya, pelaku membuntuti korbannya yang kendaraanya telah digembosi. Salah satu pelaku kemudian memberitahu korban bahwa ban kendaraannya kempes. Pemilik yang teralihkan karena melihat ban kendaraannya itu kempes kemudian keluar untuk mengecek.


Saat itu lah pelaku menggasak uang di dalam mobil korban. Berbekal laporan itu, polisi melakukan penyelidikan. Setelah menganalisis rekaman kamera pemantau di daerah sekitar, pelaku berhasil diidentifikasi.


Saat dilakukan penangkapan pada Senin (21/10), dua pelaku yang diketahui berada di Lengkong itu menggunakan kendaraan dan berupaya melarikan diri dengan menabrak anggota. Lantaran membahayakan, petugas menembak kaki pelaku. Dari hasil pemeriksaan dua pelaku itu, polisi menangkap empat pelaku lainnya di Terminal Ledeng di Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.
Kepada polisi para pelaku mengaku telah melakukan aksinya sebanyak lima kali dengan modus gembos ban.

Para pelaku dijerat pasal 363 KUHPidana, dengan ancaman minimal lima tahun penjara. (Kompas.com/d)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments