Selasa, 26 Mei 2020
PDIPSergai Lebaran

Cegah Corona, Polri Minta Masyarakat Tidak Mudik

* TNI dan Polri Diterjunkan di Semua Titik Lakukan Pengamanan
Selasa, 07 April 2020 22:43 WIB
Foto: Ari Saputra/detikcom

Ilustrasi

Jakarta (SIB)
Polri meminta masyarakat tidak melakukan kegiatan pengumpulan massa di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Polri siap menindak tegas mereka yang masih berkumpul.

"Intinya adalah mengajak kita semua untuk ikut berupaya tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak atau melakukan kegiatan-kegiatan baik itu kegiatan sosial, kegiatan-kegiatan dalam bentuk rapat-rapat, dan sebagainya, untuk tidak dilakukan dulu. Kita berusaha menjaga jarak, melakukan physical distancing secara disiplin dan aparat Polri diperintahkan sesuai maklumat Bapak Kapolri untuk melakukan penindakan," kata Asops Kapolri Irjen Herry Rudolf Nahak dalam konferensi pers yang disiarkan akun YouTube BNPB, Sabtu (4/4).

Herry mengatakan, penindakan akan dilakukan dengan pendekatan humanis dan sopan. Polisi juga akan membubarkan perkumpulan tersebut.

"Polri akan melakukan dengan cara humanis, dengan sopan, akan melakukan peneguran, mengimbau untuk tidak berkumpul. Namun, apabila ini tidak dilaksanakan, Polri akan juga diminta melakukan tindakan yang lebih tegas membubarkan perkumpulan-perkumpulan tersebut," ujar Herry.
Dia berharap seluruh jajaran Polri dari tingkat Mabes hingga ke jajaran di desa melaksanakan dan mensosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat.

"Ini perlu kami sampaikan dan kemudian juga kami berharap bahwa kegiatan ini juga akan disosialisasikan dan dilaksanakan oleh seluruh jajaran Polri di seluruh daerah dari tingkat Mabes Polri, polda, polres, polsek, bahkan ke Bhabinkamtibmas sama-sama dengan aparat desa dan Babinsa," ujar Herry.

Selain itu, Herry mengimbau masyarakat tidak pulang kampung atau mudik. Hal ini dimaksudkan guna mencegah penyebaran Covid-19. Polri pun telah menyiapkan berbagai macam skenario dalam upaya penyebaran virus Corona.
"Kemudian juga minta kepada semua masyarakat tidak pulang kampung atau tidak mudik, untuk kita bersama-sama berusaha mencegah penyebaran Covid-19 ini," ujar Herry.

"Polri bersama-sama dengan aparat pemerintah lainnya sudah menyusun banyak skenario apabila hal ini akan dilakukan nanti terutama untuk kita berusaha agar masyarakat menjadi paham dan mengerti bahwa berpindahnya masyarakat dari Jakarta ini misalnya ke daerah-daerah itu juga sangat berpotensi membawa virus-virus ke daerah-daerah," imbuhnya.
Dia mengatakan, aparat Polri bersama TNI juga sudah mendapat tugas ke semua titik guna melaksanakan kebijakan tersebut. Dia berharap program yang ada dapat menghambat penyebaran virus Corona.

"Kemudian aparat Polri juga akan diterjunkan di semua titik bersama-sama dengan rekan-rekan dari TNI dan Polri untuk mengamankan kebijakan ini, melaksanakan kebijakan ini. Dengan demikian, kita harapkan bahwa program yang dilakukan pemerintah ini bisa kita kerjakan kemudian, yang terutama adalah penyebaran virus Corona bisa kita hambat sebaik mungkin," ujar Herry.

Masih Banyak
Sementara itu, juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebut masih banyak masyarakat yang belum melaksanakan ketentuan physical distancing dengan benar. Hal itu menyebabkan penularan Covid-19 masih terus berjalan.
"Banyak masyarakat yang belum melaksanakan dengan benar ketentuan physical distancing, menjaga jaga jarak. Karena itu, dari hari ke hari inilah yang menjadi kekhawatiran kita bahwa penularan masih terus terjadi, masih terus berjalan," kata Yuri dalam konferensi pers yang disiarkan akun YouTube BNPB, Sabtu (4/4).

Yuri berharap physical distancing menjadi perhatian untuk mencegah serta menangkal penyebaran Covid-19. Dia juga mengimbau agar masyarakat tetap tinggal di rumah masing-masing.
"Karena itu, kami harapkan ini menjadi perhatian kita bersama, kita jadikan ini adalah titik pangkal untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19 ini," ujarnya.

Yuri menuturkan memilih tetap tinggal di rumah adalah jawaban terbaik. Untuk itu, dia berharap agar masyarakat tidak melakukan perjalanan ke mana pun, baik itu perjalanan antarkota maupun perjalanan untuk bertemu dengan keluarga.(detikcom/d)
T#gs
LebaranDPRDTebing
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments