Sabtu, 14 Des 2019
  • Home
  • Headlines
  • Bupati Samosir Minta Pemerintah Tutup PT TPL dan Aquafarm

Bupati Samosir Minta Pemerintah Tutup PT TPL dan Aquafarm

admin Senin, 11 Februari 2019 10:41 WIB
SIB/Hendro Sihaloho SH
TANAM POHON: Bupati Samosir Rapidin Simbolon bersama pimpinan PT Jasa Tirta dan PT Inalum menanam pohon di Desa Siboro Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Jumat (8/2).
Samosir (SIB) -Sebagai bentuk tanggung-jawab terhadap kelestarian alam dan penghijauan di kawasan Danau Toba, PT Jasa Tirta dan PT Inalum serta jajaran Pemkab Samosir menanam pohon di Desa Siboro Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Jumat (8/2).

Dalam sambutannya, Direktur Produksi Inalum Sahala Hasoloan Sijabat mengatakan, program penanaman pohon tersebut juga akan dilanjutkan ke beberapa wilayah lainnya seperti ke Desa Partukko Naginjang Kecamatan Harian dan Desa Janji Raja Kecamatan Sitio-Tio, sehingga, luas penghijauan dari ketiga wilayah itu nantinya seluas kurang lebih 500 hektare.

Dia melanjutkan, pentingnya melakukan penghijauan di lahan kritis tidak hanya sebagai program penyelamatan lingkungan sekitar, akan tetapi untuk menjaga Danau Toba sebagai jantungnya PT Inalum.

"Penanaman pohon itu menunjukkan komitmen dan semangat dari PT Inalum untuk menjaga lingkungan Samosir Negeri Indah Kepingan Surga,"ujarnya.

Di tempat yang sama, Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengucapkan terima-kasih atas program PT Jasa Tirta dan PT Inalum terhadap penanaman pohon seluas 500 hektare di Samosir. Dia menegaskan, pihaknya juga sangat tidak menyetujui berdirinya PT TPL dan Aquafarm yang dampaknya begitu besar terhadap kelestarian dan keasrian Danau Toba.

Menurutnya, pihaknya juga sangat mengharapkan keterlibatan dan dukungan dari para pegiat lingkungan hidup untuk kelestarian alam di Samosir dan secara umum di kawasan Danau Toba. Dia mengimbau seluruh masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan atau lahan secara sembarangan, melainkan merawat dan melestarikan alam Danau Toba demi kesejahteraan masyarakat.

"Sekali lagi kami sampaikan, bahwa saya bukan benci dengan TPL dan Aquafarm, namun karena dampak rusaknya lingkungan begitu besar di Danau Toba, maka kami sepakat dan meminta pemerintah agar Aquafarm dan TPL dievaluasi atau ditutup di kawasan Danau Toba,"kata Bupati Samosir.

Pada kesempatan itu dilakukan penandatanganan kerja-sama untuk mendukung penghijauan di Samosir, pembubuhan tanda tangan komitmen bersama mendukung penghijauan di Danau Toba dan penanaman pohon buah di Desa Siboro. Turut hadir Direksi PT Jasa Tirta Satu Alfan Rianto, Kepala Dinas Kehutanan Provsu Halen Purba, Kasi Intel Kejari Samosir Aben Situmorang, Camat Sianjur Mula-Mula Rudi Sitorus, Kepala Desa Siboro Jetlin Siboro, pimpinan SKPD dan seluruh tamu undangan lainnya.(H06/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments