Senin, 14 Okt 2019
  • Home
  • Headlines
  • Bupati Dairi: Sensitivitas Petugas RSU Sidikalang Minim

Terkait Kematian Romauli Simamora

Bupati Dairi: Sensitivitas Petugas RSU Sidikalang Minim

admin Jumat, 17 Mei 2019 09:08 WIB
SIB/Tulus Tarihoran
SIDAK: Bupati Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Wakil Bupati Dairi Jimmy AL Sihombing, Sekretaris Daerah Sebastianus Tinambunan serta Ketua TP PKK Dairi Romi Mariani Simarmata sidak ke RSU Sidikalang, usai dilantik 23 April lalu.
Sidikalang (SIB) -Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menegaskan, sudah membentuk dan melakukan audit investigasi terkait kematian Romauli Simamora warga Desa Pandiangan Kecamatan Lae Parira.

Hal itu disampaikan Eddy Keleng Ate Berutu, Rabu (15/5) pada pemaparan agenda 100 hari kerja. Eddy Keleng Ate Berutu mengaku terpukul dengan peristiwa kematian Romauli Simamora dan ia juga menyampaikan duka sedalam- dalamnya kepada keluarga.

Dikatakannya, sudah dilakukan investigasi mulai dari pos kesehatan desa (Poskesdes) hingga di Rumah Sakit Umum Sidikalang.
Berdasarkan audit tim, standar operasional prosedur (SOP) yang dilakukan bidan desa yang bertugas di Poskesdes sudah luar biasa. Bidan itu patut diapresiasi.

Sementara untuk RSU Sidikalang, juga sudah melakukan sesuai SOP. Namun, ada beberapa hasil temuan yakni minimnya sensitivitas petugas dalam penanganan pasien.

Pasien datang dari daerah yang jauh, harusnya bisa diambil tindakan. Karena pasien tidak harus dipulangkan. Harusnya petugas lebih mengutamakan keselamatan pasien agar tidak terjadi hal- hal yang tidak diinginkan. Intinya harus melayani pasien

"Kita sudah instruksikan kepada Direktur RSU Sidikalang Henry Manik untuk melakukan pembinaan pada jajaran. Yang patut dibina harus dibina," ucap Eddy.

Ia menyampaikan kepada Direktur RSU Sidikalang, jangan sungkan-sungkan untuk melakukan pembinaan, supaya pelayanan rumah sakit itu bisa bagus. Rumah Sakit Umum Sidikalang sudah tertidur cukup lama, sehingga kejadian yang tidak diharapkan terjadi. Eddy mengatakan, RSU Sidikalang pernah memiliki pelayanan yang baik beberapa tahun lalu. Mungkin terlena, itulah yang perlu dibangunkan.

Sangat perlu energi baru untuk meningkatkan kualitas RSU Sidikalang, diharapkan menjadi rumah sakit rujukan bagi beberapa kabupaten lainnya.(K05/c)
T#gs Eddy Keleng Ate Berutu RSU SidikalangBupati Dairi
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments