Selasa, 10 Des 2019
  • Home
  • Headlines
  • Bertemu Dubes AS, Prabowo Belum Bahas Rencana Kunjungan ke Amerika

Bertemu Dubes AS, Prabowo Belum Bahas Rencana Kunjungan ke Amerika

redaksi Rabu, 13 November 2019 23:20 WIB
tirto.ld
Foto Prabowo Subianto
Jakarta (SIB)
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan Dubes Amerika Serikat (AS) Joseph R Donovan di Kantornya, Jakarta Pusat, siang kemarin. Pertemuan tersebut belum membahas rencana kunjungan Prabowo ke Negeri Paman Sam itu.

"Secara spesifik belum (rencana kunjungan ke AS). Nanti pembicaraan terkait dengan itu, masih bicara hal yang global ya. Isu pertahanan global dan regional," kata Staf Khusus Menhan Bidang Komunikasi Publik, Sosial-Ekonomi, dan Hubungan Antarlembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, di Kemhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (12/11).

Dahnil mengatakan pertemuan Prabowo dengan Joseph sekadar kunjungan kehormatan. Sebagai Menhan baru, menurut Dahnil Prabowo akan banyak menerima tamu dari negara sahabat.

"Pertama Pak Prabowo hari ini menerima Dubes Amerika Serikat, ya biasa ini kan kunjungan kehormatan, Pak Prabowo adalah Menhan baru biasanya ada kunjungan kehormatan dari pihak kedubes," ucapnya.

Selain itu, kata Dahnil, kunjungan Dubes AS baru sebatas perkenalan. Kemudian pembahasan pertahanan nasional dan global.
"Ya tentu, pertama perkenalan pasti. Kemudian juga bicara hal yang sifatnya pertahanan global, isu pertahanan global dan regional," kata Dahnil.

Prabowo sendiri sebelumnya pernah ditolak masuk ke wilayah Amerika Serikat pada 2000. Namun, sejak menjadi Menhan, larangan itu dipastikan tak lagi berlaku. Bahkan, dalam waktu dekat, Prabowo disebut akan menghadiri acara di Negeri Paman Sam tersebut.

"Belum (ke AS lagi sejak dilarang), tapi akan dalam beberapa waktu ke depan menghadiri undangan yang sudah disampaikan. Tapi saya tidak tahu persis undangannya dari mana," ungkap Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Senin (28/10).

Dubes Saudi
Sementara itu Menhan Prabowo menerima kunjungan dari Dubes Arab Saudi Esam A Abid Althagafi. Pertemuan berlangsung di kantornya di gedung Jenderal Sudirman, Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat.

Pantauan di lokasi, Esam A Abid Althagafi tiba di Kemhan pada pukul 14.52 WIB, Selasa (12/11/2019). Elsam masuk melalui gerbang VIP Kemhan. Staf Khusus Kemhan Bidang Komunikasi Publik, Sosial-Ekonomi, dan Hubungan Antar-Lembaga, Dahnil Anzar Simanjunyak, membenarkan kedatangan Dubes Arab Saudi tersebut.

"Baru nyampai. Iya betul (bertemu Dubes Esam A Abid Althagafi)," ujar Dahnil saat dimintai konfirmasi.

Pertemuan keduanya digelar tertutup. Belum diketahui apa yang menjadi pokok pembahasan dalam pertemuan tersebut. Termasuk apakah pertemuan itu akan membahas 'pencekalan' Habib Rizieq. (detikcom/c)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments