Minggu, 09 Agu 2020
  • Home
  • Headlines
  • Beri Penghargaan Adiwiyata, Menteri LHK Ingatkan Pentingnya Cinta Lingkungan

Beri Penghargaan Adiwiyata, Menteri LHK Ingatkan Pentingnya Cinta Lingkungan

redaksi Sabtu, 14 Desember 2019 14:12 WIB
news.detik.com
Siti Nurbaya Bakar
Jakarta (SIB)
Kementerian LIngkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar penyerahan penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri kepada sekolah-sekolah yang dinilai peduli terhadap lingkungan. Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar berharap siswa semakin mencintai lingkungan.

Penghargaan diberikan di kantor KLHK, Gedung Mandala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Jumat (13/12). Sejak awal penyelenggaraannya, ada 250 ribu sekolah mendapat penghargaan Adiwiyata Nasional dan 4.305 sekolah mendapat penghargaan Adiwiyata Mandiri.

Siti Nurbaya mengatakan pentingnya pendidikan lingkungan bagi siswa. Dia bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim sempat berdiskusi mengenai pemahaman mengenai lingkungan tersebut ke sekolah-sekolah.

"Dalam diskusi saya bersama Pak Mendikbud, Pak Nadiem. Kita memang melihat pentingnya pendidikan di dalam menyelaraskan pemahaman dan internalisasi untuk kecintaan dan senantiasa menjaga lingkungan," kata Siti Nurbaya dalam sambutannya.

Siti Nurbaya menuturkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering mengingatkan mengenai bonus demograsi di Indonesia di masa depan. Bonus demograsi tersebut harus diiringi dengan penanaman nilai-niali muatan cinta lingkungan.

"Bapak Presiden senantiasa mengingatkan kepada kami tentu kepada kita semua tentang peluang bonus demografi di tahun-tahun mendatang. Yaitu besarnya lebih besarnya jumlah penduduk produktif di Indonesia yang untuk ini harus benar-benar kita siapkan dengan baik diisi dengan nilai-nilai muatan, nilai-nilai visi cinta lingkungan," jelasnya.

Lebih lanjut, Siti Nurbaya berharap penghargaan Adiwiyata yang sudah digelar selama 13 tahun dapat memberi dampak positif bagi lingkungan di Indonesia. Dia ingin melalui penghargaan ini akan memotivasi semua pihak untuk lebih peduli kepada lingkungan.

"Diharapkan dengan menjadi gerakan akan terjadi akselerasi percepatan-percepatan dalam mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup melalui penerapan perilaku ramah lingkungan oleh warga sekolah. Serta meningkatkan kualitas hidup di lingkungan sekolah, lingkungan sekitar dan daerah secara menyeluruh," tuturnya.

Dia berharap pihak terkait akan menjadikan sekolah yang menerima pengharggan tersebut akan semakin sehat. Siti Nurbaya menuturkan berbagai sekolah yang sudah diganjar dengan penghargaan telah berpartisipasi dalam pengurangan timbunan sampah hingga 38.745 per tahun.

"Sampai dengan hari ini dari sekitar 250 ribu sekolah di seluruh Indonesia yang telah meraih penghargaan Adiwiyata Nasional dan.

Adiwiyata mandiri sebanyak 4.305 sekolah program ini telah berhasil mendorong adanya peningkatan kepada perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah. Dalam kurun waktu 2006-2019 sekolah Adiwiyata telah memberikan kontribusi berupa pengurangan timbunan sampah melalui kegiatan di sekolah dalam mengelola sampah dengan tiga R. Reduce, reuse dan recycle sebanyak 38.745 ton per tahun," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Nadiem sempat memberikan sambutan melalui penayangan video. Nadiem mengapresiasi sekolah-sekolah yang terlibat aktif untuk melakukan kegiatan yang peduli terhadap lingkungan.

"Pada hari ini saya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada 370 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia yang telah melaksanakan gerakan peduli kementerian lingkungan hidup. Terima kasih yang telah ikut berperan aktif dalam memberikan pengetahuan dan memupuk kecintaan anak Indonesia akan lingkungan hidup," ucap Nadiem. (detikcom/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments