Kamis, 14 Nov 2019
  • Home
  • Headlines
  • Belasan Rumah Rusak dan Seorang Warga Meninggal Dunia di Dairi

Diterjang Angin Puting Beliung

Belasan Rumah Rusak dan Seorang Warga Meninggal Dunia di Dairi

admin Minggu, 17 Maret 2019 12:40 WIB
SIB/Dok
RUSAK: Belasan rumah rusak diterjang angin puting beliung di Desa Lau Sireme Kecamatan Tigalingga dan Desa Batu Gungun Kecamatan Gunung Sitember Dairi. Terlihat bagian atap rumah terbuka dan warga melakukan perbaikan, Sabtu (16/3) di Desa Lau Sireme.
Sidikalang (SIB)-Belasan rumah warga di Dusun Ramba Serit Desa Lau Sireme Kecamatan Tigalingga Dairi rusak diterjang angin puting beliung. Peristiwa itu mengakibatkan seorang warga meninggal dunia, Jumat (15/3) sore.

Hal itu disampaikan Kasubbag Humas Polres Dairi Ipda Doni Saleh, Sabtu (16/3) di Sidikalang. Akibat peristiwa itu seorang warga Timbul Simanjuntak (66) warga Dusun Batu Ardan Desa Lau Sireme meninggal dunia. Timbul meninggal setelah terjatuh dari atap rumahnya. Pada saat itu hujan deras, kemudian Timbul memperbaiki atap rumahnya yang bocor dan terjatuh.

Sekira 15 rumah rusak diterjang angin puting beliung. Selain merusak rumah, menelan korban jiwa, seratusan hektare lahan pertanian juga rusak seperti tanaman jagung, durian, duku dan lainnya. Kerugian masyarakat ditaksir ratusan juta rupiah.

Pasca peristiwa itu banyak pepohonan yang tumbang dan menutupi akses jalan. Polisi sempat kesulitan menuju lokasi akibat banyak pohon tumbang ke jalan. Petugas kepolisian bersama dengan masyarakat melakukan pembersihan pohon tumbang, kata Doni Saleh.
Sementara itu, mantan Kepala Desa Batu Gungun Kecamatan Gunung Sitember Mahadi Siregar mengatakan, peristiwa angin puting beliung sekira pukul 17.00 WIB. Pada saat itu hujan deras disertai angin. Peristiwa itu merusak rumah warga.

Sarto Situmorang (28) menuturkan, seratusan hektare tanaman jagung turut rusak. Tanaman jagung rata dengan tanah. Disebutkan, tanaman jagung itu diperkirakan akan gagal panen. Dimana saat ini usia jagung yang rata tanah bervariasi, berumur tiga bulan dan kebanyakan jagung hendak proses berbunga.

Sementara itu, Kepala BPBD Dairi Bahagia Ginting membenarkan peristiwa itu. Ada sekira 15 rumah yang rusak diterjang angin puting beliung di Dusun Ramba Serit. Warga meninggal jatuh dari atap rumah saat perbaiki atap yang bocor. "Kita masih tetap melakukan pendataan di lokasi," ucapnya.

Camat Gunung Sitember Jonathan Ginting saat dikonfirmasi wartawan lewat telepon mengaku tidak mengetahui peristiwa angin puting beliung di Desa Batu Gungun yang merusak rumah dan lahan pertanian jagung, durian dan duku. Ia mengaku sedang di Kuta Buluh.(B05/c)


T#gs Belasan Rumah Rusak dan Seorang Warga Meninggal Dunia di Dairi
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments