Kamis, 14 Nov 2019

Jelang Piala Dunia

Belanda Bukan Favorit Juara, Targetkan Semifinal

*Usai Kalahkan Spanyol di Uji Coba, Afsel Ingin Kejutkan Brasil
Kamis, 06 Maret 2014 10:19 WIB
Sib/int
Paris (SIB)- Pelatih Belanda Louis van Gaal realistis dengan kans timnya di Piala Dunia 2014. Meski begitu, Van Gaal mengungkapkan bahwa Belanda ditargetkan sampai lolos semifinal.

Van Gaal mengisi posisi yang ditinggalkan Bert van Mawijk yang mundur setelah De Oranje "babak belur" di Piala Eropa 2012 dengan tersingkir di babak grup.

Tugas pertama Van Gaal meloloskan Arjen Robben dkk. ke putaran final Piala Dunia berhasil. Belanda lolos dari babak kualifikasi tanpa terkalahkan dengan sembilan kemenangan dari 10 laganya.

Namun demikian, Belanda kini dihadapkan pada tugas berat dengan lolos dari babak grup yang dihuni Spanyol, Chile dan Australia.

"Menurut rangking FIFA kami menempati posisi delapan atau 10 ... itu tidak penting tapi kami bukanlah salah satu dari tim favorit juara," nilai Van Gaal seperti dilansir AFP.

"Menurut saya Brasil dan Argentina favoritnya sedangkan dari Eropa, Spanyol dan Jerman adalah tim-tim favorit. Kami sendiri bukan calon juara. Saya bergabung sebagai pelatih dengan target lolos ke putaran final dan melaju hingga ke semifinal."

"Kami sudah memasukkan banyak pemain muda ke timnas dan memainkan sepakbola yang menyenangkan. Kami juga mencetak banyak gol di laga kualifikasi. Tapi semifinal tetaplah sebuah target yang sulit dicapai," tambah pelatih sarat pengalaman ini.

Afsel Ingin Kejutkan Brasil

Afrika Selatan beberapa waktu lalu membuat kejutan dengan mengalahkan juara Eropa dan dunia, Spanyol. Bafana Bafana kini ingin memberi kejutan untuk raksasa sepakbola lainnya, Brasil.

Ketika berujicoba melawan Spanyol di Johannesburg, bulan November silam, Afsel keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0. Satu-satunya gol tim tuan rumah dicetak oleh Bernard Parker.

Tim asuhan Gordon Igesund itu akan menghadapi Brasil di tempat yang sama pada Rabu (5/3). Meski cuma laga persahabatan, mereka tetap bersemangat mengejutkan Selecao.

"Kami ingin menampilkan performa bagus. Kami menghadapi sebuah tim yang sangat bagus -- juara dunia lima kali," tutur Igesund di Sky Sports.

"Saya punya skuat yang berisi pemain-pemain yang akan membawa tim nasional kami bergerak maju. Semua pemain bersaing memperebutkan tempatnya. Kami punya gambaran yang bagus soal siapa yang akan menghadapi Brasil," sambungnya.

"Saya harus tetap menyebut Spanyol. Kami bermain melawan juara dunia dan kami bisa mengatasi mereka," kata Igesund. (detikSport)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments