Selasa, 20 Agu 2019

Bayi Kembar Siam Dempet Dada dan Perut

Minggu, 25 Mei 2014 20:00 WIB
Medan (SIB)- Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan saat ini merawat bayi kembar siam dempet dada dan perut. Bayi kembar siam tersebut lahir melalui operasi caesar di RSU Mitra Husada, Jumat (23/5) pagi.

Informasi yang diperoleh wartawan, bayi kembar siam itu merupakan putra pertama pasangan Suri Astuti (19) dan Agus Kurniawan (23) warga Pasar VIII Tembung. "Kami keluarga cukup terkejut, karena sebelumnya tidak ada keanehan saat ibunya mengandung,” kata nenek bayi kembar siam, Rubinem.

Saat usia kandungan delapan bulan, Suri Astuti memeriksakan kandungannya ke Puskesmas Tanjung Morawa. "Waktu di ultrasonografi (USG), dokter mengatakan anak saya ini disuruh operasi caesar, nggak bisa melahirkan normal dan ada cairan," ujar Rubinem.

Semakin penasaran, Suri Astuti pun kembali melakukan USG di dokter kandungan di Tembung, Selasa (20/5). Saat itulah baru diketahui bahwa bayi yang sedang dikandungnya kembar.

Sempat mendapatkan perawatan di RSU Mitra Husada, bayi kembar siam yang belum diberi nama itu kemudian dirujuk ke RSUP H Adam Malik Medan, Sabtu (24/5). Sementara, Suri Astuti masih dirawat di RSU Mitra Husada didampingi suaminya.

Sesampainya di RSUP H Adam Malik, kedua bayi laki-laki itu dikenali dengan nama Suri Astuti 1 dan Suri Astuti 2 sesuai dengan nama ibunya. Di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), tim medis memberikan bantuan pernapasan dengan oksigen tambahan dan cairan infus kepada keduanya.

Tim medis juga terus memantau kedua bayi dengan alat deteksi jantung dan pernapasan. Rencananya kedua bayi akan dirawat di ruang Peranatologi Anak RSUP H Adam Malik Medan. "Kami berharap keduanya diperiksa agar dapat dioperasi untuk dipisahkan supaya dapat sehat seperti bayi lainnya," harap Rubinem.

Secara terpisah, Kabag Humas RSUP H Adam Malik, Sairi M Saragih mengatakan bayi tersebut tiba di RSUP H Adam Malik pukul 08.00 WIB, Sabtu (24/5). “Saat ini bayi kembar siam itu sedang menjalani tahap pemeriksaan dan pihak rumah sakit belum mengetahui organ dalam tubuh dari bayi tersebut. Kalau sudah selesai pemeriksaan akan kami beritahu kondisi bayi selanjutnya," kata Sairi kepada wartawan. (Dik2/d)

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments