Jumat, 23 Agu 2019
  • Home
  • Headlines
  • BawasluDPRDSU Minta Gubernur Segera "Action" Perbaiki Jalan Provinsi P Siantar-Saribudolok

BawasluDPRDSU Minta Gubernur Segera "Action" Perbaiki Jalan Provinsi P Siantar-Saribudolok

* Tidak Zamannya Lagi Karya Kata, Tapi Karya Nyata
admin Jumat, 28 Juni 2019 08:50 WIB
Ilustrasi
Medan (SIB) -Kalangan DPRD Sumut meminta Gubernur Sumut Edy Rahmayadi segera melakukan "action" memperbaiki jalan provinsi jurusan Pematangsiantar-Saribudolok Kabupaten Simalungun yang longsor, guna menghindari keresahan masyarakat dan jatuhnya korban yang melintas di jalan tersebut.

Hal itu diungkapkan anggota DPRD Sumut Dapil Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar Yantoguh Damanik kepada wartawan, Kamis (27/6) ketika dihubungi melalui telepon menanggapi longsornya Jalan Provinsi Pematangsiantar Saribudolok yang menurut Gubernur sedang dibicarakan.

"Masyarakat butuh perbaikan segera, Gubernur hendaknya jangan terlalu lama membicarakannya, karena bukan itu yang diinginkan masyarakat. Tidak zamannya lagi karya kata, tapi sudah saatnya karya nyata, sebelum korban jiwa berjatuhan," tandas Yantoguh.

Dalam kesempatan itu, politisi PDI Perjuangan Sumut itu juga sangat menyesalkan lambanya Pemprovsu Cq Dinas BMBK (Bina Marga dan Bina Konstruksi) melakukan perbaikan, padahal jalan tersebut merupakan sarana penghubung antar kabupaten yang dikenal lalu lintasnya tergolong padat.

"Seharusnya Dinas BMBK bergerak cepat melakukan perbaikan, agar arus lalulintas dan perekonomian tidak terganggu. Jika belum ada anggaran yang dialokasikan di APBD Sumut TA 2019, bisa digunakan dana bencana alam yang setiap tahunnya sudah disediakan," tegas anggota Komisi B ini.

Berkaitan dengan itu, Yantoguh mengigatkan Pempro Sumut Cq Dinas BMBK secepatnya melakukan perbaikan sebagai tindakan sementara, sebelum dilakukan pembangunan secara permanen. Hal ini sangat penting, guna menghindari jatuhnya korban jiwa manusia yang melintasi jalan tersebut.

Seperti diketahui, sebelumnya Gubernur Edy Rahmayadi ketika dimintai tanggapannya terkait longsornya jalan provinsi jurusan Pematangsiantar-Saribudolok mengakui sedang membicarakan masalah tersebut.

"Masalah ini sedang kita bicarakan, bukan hanya jalan itu saja. Tapi juga jalan provinsi lainnya. Nanti ada juga jalan alternatif yang akan kita pikirkan dibuat untuk memperlancar angkutan komoditi hasil pertanian dari desa ke kota. Karenanya semua pembangunan jalan harus diprogramkan dulu, sehingga pembangunannya tidak asal jadi," ujar Gubernur Sumut.

Menurut Yantoguh, wajar saja Edy memprogramkan pembangunan jalan untuk memperlancar angkutan komoditi hasil pertanian, tapi hendaknya melihat fakta di lapangan jalan yang paling mendesak diperbaiki. "Jika jalan itu sudah amblas dan longsor akibat bencana alam, seharusnya segera diprioritaskan perbaikannya, agar arus lalu-lintas tidak terganggu," tegas politisi muda vokal ini.(M03/t).
T#gs Gubernur Sumut Jalan Provinsi Pematangsiantar SaribudolokDPRDSU
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments