Selasa, 14 Jul 2020
  • Home
  • Headlines
  • Bank Sumut Juara I Medan Service Excellence Award 2014

MarkPlus WOW Service Excellence Award Medan

Bank Sumut Juara I Medan Service Excellence Award 2014

Jumat, 12 September 2014 10:09 WIB
Medan (SIB)- MarkPlus Inc, sebuah lembaga survei terkemuka di bidang brand dan marketing, memberikan anugerah The Best of Medan Service Excellence Award 2014 kepada Bank Sumut sebagai juara I bank dengan pelayanan terbaik di Medan berdasarkan indeks persepsi customer, untuk kategori bank konvensional dengan modal inti Rp 100 miliar sampai dengan Rp 5 triliun (kelompok Buku I  dan II).

Penghargaan dari lembaga yang didirikan oleh pakar marketing Indonesia, Hermawan Kartajaya, itu diserahkan  Senior Vice President & Chief Operating Officer MarkPlus Inc Dr Jacky Mussry kepada Direktur Pemasaran Bank Sumut Ester Junita Ginting, di Ball Room Grand Aston City Hall, Medan, Kamis (4/9).

Sejajar dengan penghargaan yang diraih Bank Sumut, bank konvensional lainnya yang meraih juara I yakni BTN untuk bank kelompok Buku III (modal Rp 5 triliun sampai dengan Rp 30 triliun) dan BRI untuk bank kelompok Buku IV (modal Rp 30 triliun ke atas) serta Bank Syariah Mandiri untuk kategori Islamic Bank. Meski berbeda dalam kekuatan modal inti, namun penghargaan bergengsi dari hasil penilaian customer itu menunjukkan Bank Sumut sebagai local champhion mampu mensejajarkan diri dengan bank-bank besar dalam aspek kualitas pelayanan, bahkan menggeser posisi bank-bank lainnya.

Jacky Mussry mengungkapkan, pemeringkatan dan pemberian penghargaan tersebut dilakukan berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh MarkPlus Insight terhadap 1.035 responden di Medan pada periode survei di bulan Februari-Maret 2014, dengan metode sampling multi stage random sampling dan sebagian booster sampling, dengan confidence level 95% dan margin error 3%.

Responden adalah warga Medan yang pernah berinteraksi langsung dengan petugas di lokasi pelayanan dengan karakteristik usia produktif 15-60 tahun, berekonomi mapan dengan pengeluaran rutin bulanan dan pembelian barang mewah di atas Rp 1 juta per bulan.

Ia mengatakan, pada tahun 2014, pihaknya melakukan penyempurnaan metode pengukuran indeks service excellence. Kalau pada tahun sebelumnya pengukuran hanya menggunakan dimensi yang berfokus pada layanan saja, sekarang pengukuran melibatkan nilai advokasi/advocate (tingkat rekomendasi) yang dikombinasikan dengan kepuasan terhadap pelayanan di service center atau di gerai. “Penyempurnaan metode pengukuran itu juga sejalan dengan konsep baru MarkPlus WOW Service Excellence Award,” ujar Jacky.

WOW, kata Jacky, suatu ekspresi konsumen terhadap sesuatu yang ditawarkan oleh perusahaan dengan kualitas atau keunggulan yang melebihi ekpektasi, baik pada produk barang/jasa maupun pelayanan.  Katanya, sudah waktunya meredefinisikan pelayanan pelanggan dengan sesuatu yang WOW. Dahulu perusahaan hanya perlu mengukur apakah pelanggan puas atau belum. Tapi pada kenyataannya tingkat kepuasan pelanggan tidak berbanding lurus dengan tingkat loyalitas. Yang diukur kali ini adalah tingkat pelayanan berbasis  ‘touch point’, dan melihat dampaknya terhadap brand advocacy yang dilakukan pelanggan. Artinya, sebuah brand berhasil dalam pelayanan jika rasa puas pelanggan terhadap kualitas pelayanan prima dikonversi menjadi advokator sebuah merek,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Bank Sumut Ester Junita Ginting menyambut gembira atas penghargaan yang diterima Bank Sumut berdasarkan hasil survei terhadap customer. “Terimakasih kepada masyarakat Kota Medan, khususnya customer bank yang merupakan responden survei, yang telah secara jujur memberikan penilaian atas kualitas pelayanan Bank Sumut,” katanya.

(A3/f)

T#gs bank
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments