Rabu, 16 Okt 2019
  • Home
  • Headlines
  • Banjir Bandang di Sibolangit, Satu Rumah Terbawa Arus dan Jalan Desa Putus

Banjir Bandang di Sibolangit, Satu Rumah Terbawa Arus dan Jalan Desa Putus

admin Sabtu, 20 April 2019 10:29 WIB
SIB/Dok
BANJIR BANDANG: Inilah kondisi banjir bandang yang terjadi di Desa Martelu, Sibolangit, Kamis (18/4) petang.
Deliserdang (SIB) -Banjir bandang melanda Kecamatan Sibolangit, tepatnya di Dusun Singkam, Desa Martelu, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Kamis (18/4) petang sekira pukul 16.20 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun satu rumah terbawa arus. Musibah itu juga memutus jalan penghubung ke Desa Bukum lumpuh total dan merusak sebagian areal persawahan.

Camat Sibolangit, Febri Gurusinga mengatakan, banjir bandang itu terjadi akibat hujan deras di bagian hulu sungai Lau Seruai.
"Hujan deras di atas atau hulu sungai, kalau disebut orang daerah Delung Barus. Sementara di hilir atau tempat kejadian tidak deras hujan," katanya.

Menurutnya, alur sungai sebenarnya tidak terlalu lebar. Namun saat volume air dari hulu terlalu besar yang membawa batu-batu dan material lainnya, mengakibatkan salah satu batu besar terbawa dan menutup aliran sungai percis di bawah jembatan.

Akibatnya, aliran sungai yang biasanya mengalir dari bawah jembatan namun karena tutupan batu besar itu, aliran sungai menjadi membelok ke arah kiri disertai membawa bebatuan dan material lainnya. Dimana arah kiri tersebut merupakan areal persawahan warga yang ditanami padi.

Febri juga menerangkan bahwa korban jiwa dalam peristiwa itu nihil, namun 1 rumah terbawa arus dan akses menuju Desa Bukum lumpuh total.

"Sampai saat ini kita sudah koordinasi dengan BPBD dan PUPR Deliserdang. Sekretaris PUPR tadi sudah memobilisasi alat berat, karena memang saya yang minta agar material seperti bebatuan yang melumpuhkan jalan agar diangkut atau digeser. Demikian juga batu yang menghambat aliran sungai di bawah jembatan," ungkap Febri. (T05/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments