Selasa, 25 Feb 2020
Banner Menu
Detail Utama 1
  • Home
  • Headlines
  • BBMKG Wilayah I Warning Gelombang Tinggi Hingga 3 Meter

BBMKG Wilayah I Warning Gelombang Tinggi Hingga 3 Meter

admin Selasa, 19 Maret 2019 09:21 WIB
Ilustrasi
Medan (SIB) -Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I di Medan memberikan warning atas potensi gelombang tinggi mencapai 2,5 hingga 3 meter dalam beberapa hari ke depan.

Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah I Syahnan menyampaikan gelombang tinggi ini khususnya berpeluang terjadi di wilayah laut bagian barat Pulau Sumatera.

"Yakni perairan Banda Aceh-Sabang, perairan Barat Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh, perairan Kepulauan Nias-Sibolga, Samudera Hindia Barat Kepulauan Nias, dan perairan Utara Sabang," kata Syahnan, Senin (18/3).

Syahnan menjelaskan, selain gelombang tinggi, situasi ini juga akan dibarengi dengan kecepatan angin mulai dari 2-20 knot. Hal itu sebut dia, dipengaruhi oleh adanya belokan angin di Perairan Barat Sumatera.

"Sehingga menyebabkan angin di Perairan Sumatera bagian Utara pada umumnya bertiup dari Timur Laut hingga Selatan, lalu angin dari Timur Laut hingga Selatan, dan angin dari Barat hingga Timur Laut," jelasnya.

Sementara itu, Syahnan menambahkan, untuk cuaca, kondisi ini umumnya akan dibarengi dengan hujan ringan hujan sedang, dan hujan lokal. Terutama di wilayah pelayaran Selat Malaka Bagian Utara, Perairan Lhokseumawe, Perairan Banda Aceh-Sabang, dan Samudera Hindia Barat Aceh (hujan ringan).

"Untuk hujan sedang terdapat di Perairan Barat Aceh, dan hujan lokal di Selat Malaka Bagian Tengah. Sedangkan untuk wilayah lain, hanya akan mengalami cuaca berawan hingga tebal," pungkasnya. (A17/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments