Jumat, 15 Nov 2019
  • Home
  • Headlines
  • Anas Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka Pencucian Uang

Anas Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka Pencucian Uang

Kamis, 06 Maret 2014 10:17 WIB
Anas Urbaningrum
Jakarta (SIB)- Anas Urbaningrum resmi dijerat dengan pasal pencucian uang. KPK langsung bergerak cepat dengan melakukan penelusuran aset milik eks Ketum Partai Demokrat (PD) itu.

"Terkait pengembangan perkara penyidikan berkaitan dengan dugaan penerimaan atau janji terkait Hambalang dan atau proyek-proyek lain ditemukan dua alat bukti yang cukup dan unsur yang memenuhi untuk menetapkan AU sebagai tersangka TPPU," ujar Jubir KPK Johan Budi di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (5/3).

Anas dijerat dengan pasal 3 dan atau pasal 4 UU tentang TPPU tahun 2010. Selain itu, penyidik juga menjerat Anas dengan pasal 3 ayat 1 dan atau pasal 6 ayat 1 Undang- undang Pencucian Uang tahun 2002.

KPK saat ini tengah melakukan penelusuran aset milik Anas. Namun hingga saat ini belum ada aset Anas yang disita terkait TPPU.

Berapa Total Harta

Anas Urbaningrum telah resmi ditetapkan sebagai tersangka pidana pencucian uang. Anas pun terancam jatuh miskin karena harta-hartanya bisa disita KPK.

 Jika dilihat dari pasal yang diterapkan, KPK bisa melakukan penyitaan terhadap harta Anas yang didapat sejak tahun 2003. Namun, saat ditanya soal hal ini, Jubir KPK Johan Budi belum mau berbicara terlalu jauh.

"Itu disesuaikan dengan pasal yang diterapkan, yang jelas saat ini masih dilakukan aset tracing," ujar Johan.

Anas memang diketahui pernah duduk di beberapa posisi sebagai penyelenggara negara. Anas Urbaningrum tercatat pernah menjadi komisioner KPU dan menjadi anggota DPR. Maka, KPK bisa mengejar profil pendapatan eks Ketum partai Demokrat sejak pertama dia menjabat sebagai penyelenggara negara.

"Itu terlalu jauh, tunggu saja prosesnya. Mengenai penyitaan aset hingga saat ini belum ada aset AU yang disita," jelas Johan. (Dtc/w)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments