Kamis, 21 Feb 2019
  • Home
  • Headlines
  • Alasan Perizinan, Massa Larang GBI Jemaat Filadelfia Medan Beribadah

Alasan Perizinan, Massa Larang GBI Jemaat Filadelfia Medan Beribadah

admin Senin, 14 Januari 2019 10:53 WIB
SIB/dok
BERDIALOG: Beberapa perwakilan massa saat mendatangi GBI Jemaat Filadelfia di Griya Martubung, Medan Labuhan berdialog dengan petugas kepolisian berpakaian sipil, Minggu (13/1).
Belawan (SIB)-Massa diduga dari umat agama lain mendatangi Gereja Bethel Indonesia (GBI) Jemaat Filadelfia berlokasi di Griya Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Minggu (13/1). Akibat ulah massa tersebut, puluhan jemaat GBI Jemaat Filadelfia tidak dapat melaksanakan ibadah, karena massa melarang para jemaat memasuki gereja mereka.

Keterangan yang dihimpun wartawan dari sejumlah warga di lokasi kejadian menyebutkan, kedatangan massa ke gereja tersebut untuk memertanyakan kepada pihak gereja atau pendeta terkait izin kegiatan ibadah di GBI Jemaat Filadelfia.

Pendeta Jan Fransman Saragih kepada wartawan, Minggu (13/1) sore mengatakan, GBI Jemaat Filadelfia yang dipimpinnya sebenarnya telah beraktivitas kurang lebih selama 17 tahun di Griya Martubung, Medan Labuhan.

Namun beberapa kali terpaksa berpindah-pindah tempat karena belum memiliki gedung sendiri. Tetapi setelah ada tempat dan aras swadaya jemaat, maka GBI Jemaat Filadelfia dibangun di kawasan Blok 8, Griya Martubung. Belakangan keberadaan dan kegiatan ibadah di gereja tersebut mulai diganggu oleh kelompok massa Ormas tertentu.

"Kami mulai melaksanakan ibadah di sini sejak bulan November 2018 lalu dan sudah memberitahukan kepada pemerintah setempat serta mendapat dukungan dari warga sekitar lingkungan gereja. Namun tetap mendapat gangguan dan tadi kami dilarang melaksanakan ibadah oleh massa," ujar Pendeta GBI Jemaat Filadelfia.

Pendeta GBI Jemaat Filadelfia juga mengatakan, untuk mengantisipasi terjadinya aksi kekerasan maka ia terpaksa menandatangani surat, bahwa untuk sementara waktu kegiatan ibadah di gereja tersebut akan dihentikan menunggu lengkapnya administrasi atau izin pihak terkait.

Dalam aksi massa yang pengawalan dari pihak kepolisian tersebut, tidak ditemukan adanya tindakan anarkis dari kedua belah pihak.
Hingga Minggu malam GBI Jemaat Filadelfia masih ramai didatangi masyarakat yang bersimpati terhadap gereja tersebut karena adanya gangguan kelompok massa tersebut. Namun tidak ada aksi atau gesekan yang terjadi.(A8/c)

T#gs Massa Larang GBI Jemaat Filadelfia Medan BeribadahAlasan Perizinan
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments