Senin, 18 Nov 2019
  • Home
  • Headlines
  • Akibat Hujan Deras, Sejumlah Ruas Jalan di Nisel Banjir

Akibat Hujan Deras, Sejumlah Ruas Jalan di Nisel Banjir

Jalan Mazino Putus Total
admin Minggu, 25 Agustus 2019 10:36 WIB
SIB/Hasan Hia
PUTUS: Tergerus banjir, jalan penghubung beberapa desa di Kecamatan Mazino putus total, membuat sejumlah siswa SD, SMP, SMA sederajat terpaksa pulang kerumah masing-masing, Sabtu (24/8).
Nisel (SIB) -Akibat hujan deras disertai angin kencang selama beberapa jam, sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Nias Selatan (Nisel) banjir, Sabtu (24/8) pagi.

Pantauan SIB, sejumlah lokasi yang banjir di antaranya Jalan Diponegoro menuju Rumah Dinas Bupati, Jalan Baloho menuju Pantai Baloho Indah, Jalan Saonigeho Telukdalam, Jalan Soonogeu Kecamatan Maniamolo, Jalan Desa Hilimbulawa dan Jalan Lolomoyo Kecamatan Amandraya. Terlihat sejumlah anggota BPBD turun di lokasi banjir untuk mengevakuasi warga.

Sementara di daerah lokasi banjir, puluhan rumah warga digenangi air dengan ketinggian kurang lebih 30-50 Cm, di antaranya wilayah Kelurahan Pasar Telukdalam, Saonigeho Km 3 Telukdalam, Desa Ndraso dan Desa Hilimbulawa.

Kemacetan di lokasi banjir itu juga terjadi diakibatkan kendaraan yang mogok. Selain disebabkan kendaraan mogok, kemacetan juga disebabkan pengendara sepeda motor, becak motor dan mobil menghentikan kendaraannya di jalan yang tak digenangi air karena enggan melintas di lokasi banjir. Namun setelah banjir surut sekira pukul 11.00 WIB arus lalulintas kembali normal.

Putus Total
Jalan penghubung beberapa desa di Kecamatan Mazino putus total sepanjang kurang lebih 5 meter akibat tergerus banjir sungai Idano Lawa, tepatnya di Desa Hililaza Hilinawalo Mazino Sabtu (24/8) subuh. Hal itu membuat akses kendaraan roda 2 dan roda 4 lumpuh total.

Di daerah itu, tampak sejumlah pelajar dari Desa Hilinawalo Mazino, Hililaza Hilinawalo Mazino, Hilizoroilawa dan Desa Hilifondrege tidak bisa bersekolah dan terpaksa kembali ke rumah masing-masing karena jalan yang sudah putus tersebut tidak dapat dilalui.

Sejumlah warga Mazino mengatakan kerusakan jalan tersebut akibat hujan deras yang melanda wilayah Kecamatan Mazino sejak pukul 01.30 WIB hingga pukul 11.00 WIB. "Semoga pemerintah daerah segera melakukan penanganan dan membuat akses darurat di jalan yang sudah putus tersebut supaya tidak berdampak pada perekonomian warga," ujar Halawa warga Desa Hililaza Hilinawalo Mazino kepada SIB di lokasi. (N05/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments