Jumat, 20 September 2024

Timnas Indonesia U-20 Cetak Sejarah Kalahkan Argentina

* Ketum PSSI Minta Pemain Jangan Sombong
Redaksi - Kamis, 29 Agustus 2024 09:42 WIB
310 view
Timnas Indonesia U-20 Cetak Sejarah Kalahkan Argentina
Foto: Dok/PSSI
MENANG: Pemain Timnas Indonesia U-20 berusaha menendang bola meski mendapat kawalan dari pemain Argentina U-20 pada ajang Seoul Earth On Us Cup 2024 di Stadion Mokdong, Seoul, Rabu (28/8). Indonesia menang 2-1.
Seoul (SIB)
Timnas Indonesia U-20 mengalahkan Argentina U-20 dengan skor 2-1 di ajang Seoul Earth On Us Cup 2024. Laga itu sekaligus menjadi persiapan skuad Indra Sjafri mengadapi Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Bertanding di Stadion Mokdong, Seoul,seperti dilansir Harian SIB, Rabu (28/8), Indonesia tampil solid melawan Argentina. Iqbal Gwijangge dkk bisa merepotkan tim tersukses di Piala Dunia U-20 tersebut.

Di babak pertama, gawang Indonesia memang bobol lebih dulu. Mirko Juarez membawa Argentina unggul sejak menit ke-17.
Namun, Indonesia mampu bertahan dari gempuran Argentina di sisa babak pertama. Baru di babak kedua, Garuda Nusantara bangkit memberi perlawanan.

Baca Juga:

Masuknya sejumlah pemain baru membuat arah angin berubah. Argentina jadi lebih sering ditekan, sampai akhirnya Kadek Arel menyamakan skor untuk Timnas Indonesia U-20 di menit ke-75.


Tak lama berselang, Indonesia bahkan bisa berbalik unggul. Penalti diberikan kepada Indonesia usai Muhammad Ragil dilanggar. Maouri Ananda Yves Ramli Simon bisa mencetak gol dari titik putih. Skor 2-1 bertahan hingga laga bubar.

Baca Juga:

Kemenangan ini bersejarah bagi Indonesia. Sebab, untuk kali pertama Tim Merah Putih bisa mengalahkan Tim Tango di laga sepakbola.


Dari semua pertemuan di berbagai kelompok usia, Indonesia sebelumnya tak pernah bisa mengalahkan Argentina. Di Piala Dunia Junior 1979, Indonesia U-20 disikat Argentina 0-5. Saat itu, Argentina dibela pemain sekaliber Diego Maradona.


Kemudian, pertemuan Indonesia vs Argentina di level senior terjadi tahun lalu. Lionel Messi dkk, yang baru menjuarai Piala Dunia 2022, datang ke Gelora Bung Karno dan bisa mengalahkan tim asuhan Shin Tae-yong 2-0.


Maka kemenangan Timnas Indonesia U-20 menjadi sejarah baru. Untuk kali pertama, Indonesia bisa mengalahkan Argentina di lapangan hijau.


Jangan Sombong
Sementara itu Ketum PSSI Erick Thohir mengapresiasi keberhasilan Timnas Indonesia U-20 mengalahkan Argentina, seraya mengingatkan agar jangan sampai merasa sombong.


"Ini kemenangan bersejarah. Saya yang menonton pertandingan itu melihat luar biasa perjuangan para pemain kita. Apalagi mereka mencetak kemenangan dengan comeback setelah lebih dulu tertinggal," kata Erick Thohir dalam pernyataannya.


"Benar-benar salut. Meski bisa mengalahkan Argentina, tim yang peringkatnya jauh di atas kita, ingat jangan sombong atau jemawa," ujarnya menambahkan.


Tak hanya mengapresiasi kemenangan fenomenal itu, Erick juga menyanjung permainan anak asuh pelatih Indra Sjafri. Timnas Indonesia U-20 tampil tidak gentar melawan tim sekuat Argentina.


"Pertahanan kita juga saya nilai solid. Beberapa kali digempur, tapi bisa keluar dari tekanan. Semoga ini menjadi modal dalam segi mental yang bagus asal ingat, perjalanan mereka masih panjang," tutur Erick Thohir. (**)

SHARE:
komentar
beritaTerbaru