Minggu, 08 September 2024

Jumlah RT di Jakarta Terendam Banjir Jadi 48

Wilfred Manullang - Sabtu, 06 Juli 2024 20:29 WIB
295 view
Jumlah RT di Jakarta Terendam Banjir Jadi 48
Foto: Net
Ilustrasi banjir di beberapa titik Jakarta
Jakarta (harianSIB.com)
Jumlah Rukun Tetangga (RT) di DKI Jakarta tergenang banjir terus bertambah. Data terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat jumlah area yang terendam banjir bertambah dari lima RT menjadi 48 RT.

"Menjadi 48 RT atau 0.157 persen dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," ujar Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji di Jakarta, Sabtu (6/7/2024) seperti dikutip CNN Indonesia.

Dari 48 RT yang terendam banjir tersebut, 40 RT di Jakarta Selatan, enam di Jakarta Barat, dan dua RT di Jakarta Timur. Adapun ketinggian air berkisar antara 30 sampai dengan 76 cm.

Baca Juga:

Sementara itu, banjir di lima RT di Jakarta Utara dan Jakarta Selatan sudah dinyatakan surut yakni empat RT di Kelurahan Pluit, dan satu RT di Kelurahan Gandaria Utara.

BPBD DKI Jakarta terus mengerahkan personel untuk memantau kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Bina Marga, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik.

Baca Juga:

Upaya tersebut juga melibatkan lurah dan camat setempat. "Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengingatkan agar warga tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan.

"Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," ujarnya.

Hujan yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak Sabtu siang juga menyebabkan kenaikan status Pintu Air Karet menjadi siaga 3 (waspada) pada pukul 15.00 WIB.

Pos Pantau Angke Hulu menjadi siaga 3 (waspada) pada pukul 14.00 WIB. Pos Pantau Sunter Hulu menjadi siaga 3 (waspada) pada pukul 15.00 WIB. Kemudian, Pintu Air Pulo Gadung menjadi siaga 3 (waspada) pada pukul 15.00 WIB. (*)

Editor
: Wilfred Manullang
SHARE:
komentar
beritaTerbaru