Minggu, 08 September 2024

Donasi Rp1,2 Miliar Lebih untuk Korban Banjir Bandang di Humbahas Belum Disalurkan

Frans Koberty Simanjuntak - Kamis, 16 Mei 2024 08:35 WIB
3.356 view
Donasi Rp1,2 Miliar Lebih untuk Korban Banjir Bandang di Humbahas Belum Disalurkan
Foto: Dok/Dinas Kominfo Humbahas
Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor (kanan) saat menerima bantuan logistik dan peralatan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, beberapa waktu lalu di Doloksanggul.

Dia mengatakan, penyaluran bantuan hasil donasi yang berjumlah Rp1.247.000.000 itu tinggal menunggu persetujuan dari Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor. Setelah nanti ada persetujuan dari bupati, kata dia, selanjutnya disalurkan langsung kepada para korban melalui nomor rekening keluarga korban dengan jumlah yang bervariasi.

"Hasil rapat kita beberapa hari lalu di Kantor Camat Baktiraja dipimpin Asisten Administrasi Umum yang dihadiri Kadis Sosial Humbahas, Kepala Desa Simangulampe, tokoh masyarakat dan para keluarga korban, telah disepakati kategori bantuan dibagi menjadi tiga yaitu rumah yang rata dengan tanah, rusak berat dan rusak ringan. Artinya jumlah bantuan sesuai dengan tingkat kerusakannya," kata Sanggam.

Baca Juga:

"Jadi saat ini kita tinggal menunggu persetujuan dari bapak bupati. Jika disetujui, kita akan minta kepada para korban dan keluarga korban untuk membuka nomor rekening masing-masing. Melalui nomor rekening itulah nanti akan kita salurkan kepada mereka," tambahnya.

Terpisah, Kadis Sosial Humbahas, Frans Judika Pasaribu ketika dikonfirmasi membenarkan hasil rapat tersebut. Dia mengatakan, penyaluran bantuan hasil donasi itu tinggal menunggu persetujuan dari bupati sesuai hasil keputusan rapat mereka di Kantor Camat Baktiraja.

Baca Juga:

"Iya betul, apa yang disampaikan Camat Baktiraja itu benar adanya. Kita tinggal menunggu persetujuan dari bapak bupati," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, banjir bandang dan longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja pada Jumat (1/12/2024), menewaskan 12 orang, 11 rumah rata dengan tanah, 12 rusak berat dan 12 rusak ringan, serta puluhan hektar lahan pertanian rusak. (**)

Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
komentar
beritaTerbaru