Rabu, 21 Agu 2019
  • Home
  • Headlines
  • 4.800 Tenaga Harian Lepas di Pemprovsu akan Putus Kontrak

4.800 Tenaga Harian Lepas di Pemprovsu akan Putus Kontrak

admin Rabu, 12 Juni 2019 09:02 WIB
Kantor Gubernur Sumut
Medan (SIB) -Sebanyak 4.800 tenaga harian lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut), akan diputus kontraknya secara bertahap hingga tahun 2020. Untuk tahap awal tahun ini, ada 2.000 THL akan diputus kontraknya.

Hal itu dikatakan Gubernur Edy kepada wartawan di sela-sela halal bi halal Idul Fitri 1440 H bersama ASN lingkungan Pemprov Sumut yang dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Sudirman Medan, Senin (10/6).

Gubernur yang didampingi Plt Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Fitriyus, mengungkapkan alasan tidak lagi mempekerjakan para THL itu, pertama karena kinerjanya tumpang tindih dengan ASN. Kedua, karena biaya menggaji mereka cukup besar.

Dia menerangkan, 4.800 orang THL itu digaji rata-rata Rp 2,5 juta per bulan sehingga menghabiskan banyak anggaran. Sementara jika gaji THL itu digunakan untuk membangun jalan, jembatan dan sebagainya, akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Akan tetapi, sebut Gubernur Edy, tenaga honor yang dibutuhkan Pemprov Sumut nantinya adalah yang tidak termasuk dalam lingkup tugas, pokok dan fungsi ASN. Misalnya tenaga teknologi informasi dan pemain keyboard.

Saat ini, tambahnya, jumlah ASN di lingkungan Pemprov Sumut mencapai 28.000 orang. Jumlah itu tergolong banyak, apalagi ditambah THL. Karena itu agar efektifnya kinerja dan efisiensi anggaran, perlu ditata ulang keberadaan THL itu.(M11/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments