Sabtu, 21 September 2024

Ricuh Pembagian Zakat di Makassar, Warga Terjepit hingga Pingsan

Redaksi - Rabu, 27 Maret 2024 11:32 WIB
281 view
Ricuh Pembagian Zakat di Makassar, Warga Terjepit hingga Pingsan
Foto: CNN Indonesia/Ilham
Pembagian zakat di Makassar, Sulawesi Selatan, berlangsung ricuh hingga menyebabkan sejumlah warga jatuh pingsan. 
Makassar (SIB)
Pembagian zakat di Makassar, Sulawesi Selatan, berlangsung ricuh. Ribuan warga yang hadir terlibat saling dorong dan jatuh pingsan hingga terinjak-injak.

Akibat kericuhan tersebut pembagian zakat mal atau zakat harta yang dilakukan oleh seorang pengusaha asal Makassar dihentikan sementara dan dilanjutkan kembali setelah situasi kondusif.

Pembagian zakat tersebut dilakukan oleh seorang pengusaha yakni, Ambo Rukka yang mempunyai usaha di Papua. Setiap tahunnya Ambo Rukka beserta keluarga menyalurkan zakat hartanya ke warga yang kurang mampu di depan rumahnya Jalan Mairo, Makassar, Sulawesi Selatan.

Ribuan warga terdiri dari emak-emak, anak-anak hingga para tukang becak serta pengemudi becak motor rela mengantre sejak pukul 14.00 WITA, demi mendapatkan uang dari Ambo Rukka dengan nominal Rp50 ribu untuk dewasa dan Rp20 ribu untuk anak-anak.

"Ini yang dibagikan zakat harta, warga dapat Rp50 ribu, ini ribuan tadi warga. Sasarannya tukang becak, bentor, setiap tahun saya lakukan," kata Ambo Rukka, Selasa (26/3).

Sebelumnya penyaluran zakat tersebut berlangsung lancar, namun kericuhan terjadi pada saat emak-emak yang tidak sabaran untuk masuk ke area pembagian. Sehingga terjadilah aksi saling dorong yang mengakibatkan sejumlah warga terjepit dan jatuh pingsan.

"Tadi pembagian sempat terhenti karena terlalu banyak orang baku dorong-dorong. Jadi pembagian sempat dihentikan, baru di lanjutkan lagi," jelasnya.

Pihak kepolisian yang berada di lokasi, langsung menghentikan sementara pembagian zakat tersebut untuk menghindari adanya korban jiwa. Setelah situasi kondusif, barulah dilanjutkan kembali pembagian zakat itu. (**)



SHARE:
komentar
beritaTerbaru