Jumat, 20 September 2024
Bertemu Surya Paloh

Prabowo: Rakyat Ingin Pemimpin Rukun, Saatnya Kerja Sama

Redaksi - Sabtu, 23 Maret 2024 09:01 WIB
241 view
Prabowo: Rakyat Ingin Pemimpin Rukun, Saatnya Kerja Sama
(Foto: Antara/Galih Pradipta)
BERTEMU SURYA PALOH: Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kiri) saat memberikan keterangan pers usai melakukan pertemuan tertutup di NasDem Tower, Jakarta, Jumat
Jakarta (SIB)
Prabowo Subianto bertemu Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, di NasDem Tower. Prabowo disambut langsung oleh Surya Paloh beserta jajaran elite NasDem.
Pantauan, Jumat (22/3), sambutan yang diberikan mulai dari pagar depan NasDem Tower hingga menaiki tangga menuju dalam gedung kemudian menuju ruang pertemuan. Prabowo pun sempat terkesan dengan digelarnya karpet merah di NasDem Tower.
"Karpet merah, karpet merah," sebut Prabowo.
Sementara Surya Paloh menyampaikan bahwa Prabowo merupakan sahabatnya yang kini telah sukses menjadi Presiden terpilih
"Sahabat sudah jadi Presiden, itu dulu," kata Surya Paloh.



Pemimpin Rukun
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bicara mengenai makna pertemuannya dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh. Prabowo bicara tentang sesudah pertandingan dan persaingan yaitu kerja sama membangun bangsa Indonesia.
Awalnya, Prabowo mengatakan, rakyat Indonesia menginginkan pemimpin-pemimpin Indonesia rukun. Dia kemudian mengatakan kompetisi, persaingan, pertandingan itu diperlukan. Namun, setelah itu harus ada kerukunan.
"Saya keliling selama masa kampanye, saya merasa getaran dari rakyat saya lihat sorotan mata, saya lihat suasana. Rakyat menginginkan pemimpin-pemimpinnya rukun. Karena itu saya kira kita harus berpandangan bahwa pertandingan itu baik, persaingan itu bagus, kompetisi itu kita butuhkan," kata Prabowo usai bertemu Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Jumat (22/3).
"Rakyat perlu pilihan, kompetisi, persaingan pertandingan. Tetapi sesudah pertandingan, sesudah persaingan, saatnya kita kerja sama, saatnya kita bahu membahu untuk bangun bangsa kita, itu saya kira paling penting," imbuhnya.
Menteri Pertahanan itu mengatakan, kerja sama penting untuk menjaga demokrasi Indonesia. Selain itu, para pemimpin dan rakyat juga harus bersatu untuk menjaga kesatuan Indonesia.
"Demokrasi kita jaga, bhineka tunggal ika adalah suatu realita harus kita bela, harus kita pertahankan, dan kita menatap ke depan dengan optimis," ucapnya.
Prabowo kemudian menyampaikan terima kasih kepada NasDem yang telah bersikap mengenai hasil Pemilu 2024. Dia mengatakan sikap NasDem ini mencontohkan hal baik.
"Kita akan cari putra putri terbaik dari semua kalangan, intinya adalah saya sangat berterima kasih, saya sangat menghargai sikap NasDem, setelah pertandingan kita bersaing, tapi kita tetap bersahabat, kita tetap satu keluarga, kita tetap cinta Tanah Air. Dan sesudah pertandingan, sesudah persaingan kita bersatu untuk membangun bangsa Indonesia, saya kira itu yang digarisbawahi makna daripada ini," pungkasnya.
Prabowo Subianto juga menyerukan kerja sama antara pimpinan elite politik setelah bersaing di Pemilu 2024. Menurutnya, elite yang rukun adalah syarat jika Indonesia ingin lebih maju.
"Bisa kah elite kita, unsur pimpinan, bisa tidak bekerja sama. Dengan demikian saya berkeyakinan bahwa faktor kerja sama di antara pimpinan sangat penting dan ini ditunggu rakyat kita," ucap Prabowo .
Prabowo mengatakan, persatuan para elite politik merupakan syarat utama jika Indonesia ingin maju menjadi negara yang lebih kuat.


Baca Juga:


Tak Mudah
Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto menyampaikan bangsa Indonesia telah berkembang menjadi bangsa yang dewasa dan matang. Dia menyebut hal itu terjadi berkat sistem demokrasi yang dianut Indonesia.
Menurut Prabowo, sistem demokrasi bukanlah sistem yang mudah untuk diterapkan.
"Bahwa bangsa kita telah berkembang menjadi bangsa yang dewasa yang matang, dengan sistem demokrasi, sistem demokrasi, bukan sistem yang mudah apalagi di bangsa yang sebesar," kata Prabowo.
Prabowo menuturkan, terkadang banyak yang tak sadar jika Indonesia merupakan negara yang luas dan besar. Dia menyebut, pelaksanaan pemilu di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia.
"Kita kadang-kadang, kita tidak paham dan tidak sadar bahwa negara kita sangat luas sangat besar, jumlah penduduk ke 4 terbesar. Luas wilayah hampir sama dengan Eropa Barat, dan kita memilih jalan demokrasi dan kita melaksanakan pemilihan umum yang dianggap salah satu pemilihan umum dalam saat hari yang terbesar di dunia," tuturnya.
Prabowo mengatakan, Indonesia masih banyak kekurangan. Meski demikian, dia mengatakan hal itu bagian dari proses pembangunan bangsa.
"Kita tentunya masih banyak kekurangan, kita paham bahwa masih harus kita perbaiki sistem kita, tapi ini lah proses pembangunan bangsa," ucapnya.


Baca Juga:


AJAK GABUNG
Prabowo juga sempat ditanya apakah menawarkan Surya Paloh bergabung ke koalisinya.
Menjawab itu, Prabowo menekankan selalu memberikan penawaran dan ajakan kepada pihak NasDem untuk bekerja sama.
"Saya selalu menawari, saya selalu mengajak," kata Prabowo.
Prabowo menyampaikan hal itu saat menjawab pertanyaan isi pertemuan sekaligus ajakan kepada Ketum NasDem Surya Paloh untuk bergabung ke koalisinya.
Sementara itu, Surya Paloh mengatakan, ucapan Prabowo sebagai bentuk penghargaan terhadap NasDem. Paloh juga tidak memberikan jawaban pasti tentang sikap partai NasDem terhadap ajakan Prabowo.
"Itu penghargaan Pak Prabowo aja," ucap Paloh usai konferensi pers.
Paloh juga menjawab singkat pertanyaan soal sikap Partai NasDem ke depan terkait prioritas bergabung dengan pemerintahan baru. "Kita lihat nanti perkembangan ke depan ya. Itu fifty-fifty, possibility-nya masih," kata dia. (**)



SHARE:
komentar
beritaTerbaru