Minggu, 08 September 2024

Putin, Politisi Terkaya Dunia Miliki US$ 200 Miliar dan Jet US$ 700 Juta

Redaksi - Jumat, 26 Januari 2024 09:21 WIB
205 view
Putin, Politisi Terkaya Dunia Miliki US$ 200 Miliar dan Jet US$ 700 Juta
Foto/REUTERS
Presiden Rusia Vladimir Putin tercata sebagai pemimpin terkaya di dunia saat ini. 
New York (SIB)
Meskipun Vladimir Putin secara resmi mengklaim gaji tahunannya hanya sebesar US$ 140.000, namun kekayaan bersih dan gaya hidup Presiden Rusia yang dilaporkan menunjukkan hal berbeda.
Meskipun Putin hanya mengakui kepemilikan satu apartemen seluas 800 kaki persegi, satu trailer, dan tiga mobil, namun rumor yang terus beredar menunjukkan kenyataan yang lebih mewah.
Laporan menunjukkan kekayaan pribadi Putin mencapai US$ 200 miliar. Klaim semacam itu, yang berasal dari investor besar di Rusia pada 1990-an, terus beredar dan menambah misteri seputar keuangan Putin. Simbol paling ikonik dari dugaan kekayaan Putin adalah rumah besar di Laut Hitam, yang sering dijuluki "Pondok Pedesaan Putin".
Meskipun ada pernyataan bertentangan, properti tersebut, yang terletak di atas tebing, konon memiliki kolam renang marmer yang dihiasi patung dewa Yunani, amfiteater, arena hoki es canggih, kasino bergaya Vegas, dan bahkan klub malam.
Interior mewah mansion tersebut mencakup perabotan ruang makan senilai US$ 500.000, meja bar senilai US$ 54.000, serta kamar mandi mewah yang dilengkapi sikat toilet Italia dengan harga US$ 850 dan tempat tisu toilet seharga US$ 1.250.
Mempertahankan kemegahan ini membutuhkan pengeluaran tahunan sebesar US$ 2 juta dan perawatan oleh 40 orang staf, demikian menurut laporan Fortune, Rabu (24/1). Daftar kemewahan Putin juga ditambah dengan laporan mengenai 19 rumah lainnya, 700 mobil, 58 pesawat terbang dan helikopter, serta satu pesawat senilai US$ 716 juta yang diberi nama “The Flying Kremlin”.
Dugaan kepemilikan sang presiden atas kapal pesiar besar bernama Scheherazade, yang bernilai US$ 700 juta, semakin memicu spekulasi tentang seberapa besar kekayaan Putin.
Koleksi jam tangan mewah Putin, termasuk Patek Philippe Perpetual Calendar (Kalender Abadi) senilai US$ 60.000 dan A. Lange & Sohne Tourbograph senilai US$ 500.000, menambah kesan mewah pada gaya hidupnya. Jam tangan tersebut saja harganya enam kali lipat gaji tahunannya yang diumumkan secara resmi. (**)



Baca Juga:
SHARE:
komentar
beritaTerbaru