Jumat, 20 September 2024

Jokowi Groundbreaking Kantor Otorita IKN, Dilengkapi Layanan Satu Pintu

* Juga Letakkan Batu Pertama Gedung Arthadhyaksa LPS
Redaksi - Kamis, 18 Januari 2024 11:09 WIB
279 view
Jokowi Groundbreaking Kantor Otorita IKN, Dilengkapi Layanan Satu Pintu
Foto: YouTube Setpres
Jokowi
Jakarta (SIB)
Jokowi melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking gedung kantor Otorita IKN. Gedung kantor Otorita IKN ini bisa menampung 600 orang pada tahap pertama.

"Yang terdiri atas gedung utama, gedung data center, dan infrastruktur kawasan dengan kapasitas 600 orang pada tahap pertama," kata Jokowi dalam sambutannya seperti dilihat di akun YouTube Setpres, Rabu (17/1).

Jokowi menjelaskan, gedung kantor Otorita IKN dibangun di atas lahan kurang lebih 28 ribu meter persegi. Nilai pembangunan mencapai Rp 509 miliar.

"Dan gedung ini akan menjadi tempat kerja para pegawai Otoritas IKN yang juga akan dilengkapi layanan terpadu satu pintu," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengatakan gedung tersebut bakal dilengkapi dengan command center. Jokowi pun berharap pelayanan kepada masyarakat bisa lebih cepat.

"Kantor Otorita IKN akan dilengkapi dengan data center dan command center juga urban gallery untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat secara real-time dan memberi pelayanan yang lebih cepat dan profesional," ujar Jokowi.

Jokowi juga berharap kantor Otorita IKN segera selesai. Dengan demikian, seluruh kegiatan Otorita IKN semakin terpusat dan optimal.

"Dan karyawan bisa bekerja lebih nyaman dan produktif untuk mendukung pengembangan IKN, mewujudkan kota Nusantara yang kita cita-citakan," imbuh Jokowi.


Kantor LPS
Jokowi juga melakukan peletakan batu pertama gedung Arthadhyaksa Kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Saya senang hari ini kita kembali melakukan peletakan batu pertama, groundbreaking gedung Lembaga Penjamin Simpanan, LPS. Tadi sudah disampaikan oleh Bapak Ketua Dewan Komisioner LPS bahwa kompleks perkantoran LPS ini bernama Arthadhyaksa, yang bermakna pelindung nasabah, pelindung harta nasabah," kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menjelaskan pembangunan ini akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama akan dibangun gedung utama, yang merupakan pusat operasional LPS dan tahap selanjutnya pembangunan dua gedung lainnya serta fasilitas pendukung.

Jokowi berharap pembangunan kantor LPS di IKN dapat meningkatkan rasa aman masyarakat, pelaku usaha, dan investor.

"Dan groundbreaking ini membuktikan kesungguhan komitmen kita, kesiapan kita, untuk membangun Ibu Kota Nusantara menjadi ibu kota negara yang berkelas dunia," imbuh Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga bercerita mengenai waktu tempuh dari Balikpapan ke IKN sekitar 1,5-2 jam. Menurut Jokowi, perjalanan tersebut terasa sangat jauh jika baru pertama mengunjungi iKN.

"Tetapi nantinya, apabila jalan tolnya telah jadi sepanjang kurang-lebih 47 kilometer, kita hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit dari Balikpapan ke Ibu Kota Nusantara plus kalau nanti airport-nya jadi, dari airport baru ke titik kawasan inti Ibu Kota Nusantara hanya perlu waktu 15 menit," tutur Jokowi.


Memorial Park
Jokowi juga melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Memorial Park IKN. Jokowi mengatakan pembangunan Memorial Park IKN sebagai bentuk penghormatan bagi para pahlawan dan pendiri bangsa.

"Memorial Park yang nantinya ini akan menjadi penghormatan kita kepada para beliau-beliau para pahlawan, pada pendiri bangsa yang telah bekerja keras untuk memerdekakan bangsa dan negara, serta rakyat Indonesia," ujar Jokowi.

Memorial Park IKN dibangun di area seluas 2.034 meter persegi. Pembangunan Memorial Park IKN ini akan terintegrasi dengan kawasan Beranda Nusantara dan akan menjadi salah satu hal yang menarik atau point of view di IKN.

Memorial Park ini dibangun dengan biaya kurang lebih Rp 361 miliar dan dilengkapi dengan area altar, tangga, infrastruktur kawasan, dan lanskap. Pembangunan ditargetkan selesai di bulan Agustus 2024. (detikcom/c)



SHARE:
komentar
beritaTerbaru