Jumat, 18 Okt 2019
  • Home
  • Headlines
  • 357 Penderita Kusta P Sicanang Diabaikan Pempropsu

357 Penderita Kusta P Sicanang Diabaikan Pempropsu

Rabu, 22 Januari 2014 13:29 WIB
SIB/Ruben Panggabean
Aksi solidaritas mengumpulkan dana solidaritas dari pengendara yang melintas di persimpangan Jalan Gatot Subroto Medan, Rabu (22/1)
Medan(SIB)- Sejumlah 357 penderita kusta yang berada di pusat perawatan Pulau Sicanang, Belawan mengaku tidak mendapat perhatian dari pemprovsu. Hal tersebut dikatakan Rukman salah seorang relawan yang melakukan aksi solidaritas mengumpulkan dana solidaritas dari pengendara yang melintas di persimpangan Jalan Gatot Subroto Medan, Rabu (22/1).

"Sejak 1 Januari 2014 kami sudah tidak diberi lagi jatah beras oleh pempropsu sehingga saat ini kami berada dalan kondisi lapar",ujarnya.

Jelasnya, aksi tersebut dilakukan sebagai upaya bertahan hidup dan akab terus berlangsung sampai ada kepedulian dari pemprovsu.

Sebelumnya, sebanyak 124 KK penderita kusta di UPT Penyakit Kusta Belidahan di Dusun XII Desa Simpang Empat Kecamatan Sei Rampah Sergai mengeluh tidak dapat jatah makanan selama 1,5 bulan. Akibatnya puluhan penderita kusta melakukan aksi menggelar spanduk dan mengemis di jalan lintas Beliaan menuju Dolok Masihul, Selasa (21/1).

Mereka juga memampangkan poster-poster yang bertuliskan, “Kami kelaparan, kami butuh makan dan bantulah kami”. Pada intinya mereka mengharapkan belas kasihan masyarakat terutama yang melintasi jalan tersebut untuk membantu mereka. Apalagi jika melihat kondisi tubuh mereka ada yang tidak lengkap, akibat digerogoti penyakit kulit yang sangat berbahaya tersebut, tentunya tidak memungkinkan mereka untuk bekerja secara utuh.

(A21/SIB On Line)

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments