Jumat, 20 September 2024

TNI AD Adu Tarik Tambang dengan Tentara AS di Balikpapan

* Latihan Bersama Super Garuda Shield 2022 Resmi Ditutup
Redaksi - Senin, 15 Agustus 2022 09:54 WIB
446 view
TNI AD Adu Tarik Tambang dengan Tentara AS di Balikpapan
Foto: Antara/HO-Pendam VI
TARIK TAMBANG : Adu tarik tambang antara prajurit TNI dan US Army di Pantai Lamaru, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (13/8). 
Balikpapan (SIB)
Regu gabungan personel TNI AD dan Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army) saling beradu tarik tambang di Pantai Lamaru, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (13/8).

Tepuk tangan dan sorak-sorai penonton terdengar ketika mereka menyemangati adu tarik tambang tersebut.

"Kegiatan ini untuk lebih mengakrabkan lagi personel kedua pasukan," kata Panglima Kodam (Pangdam) VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Tidak hanya tarik tambang, kata dia, berbagai lomba dan pertandingan khas acara peringatan HUT Ke-77 RI berlangsung dalam Sports and Cultural Day (Hari Olahraga dan Budaya) pada Latihan Bersama (Latma) Super Garuda Shield 2022.

Begitu pula ketika lomba balap karung dan lomba balapan dengan bakiak raksasa, sorak-sorai penonton pun menambah ramai suasana di pantai tersebut.

Suasana Pantai Lamaru pun bertambah meriah begitu memasuki acara penampilan kesenian dan budaya. Para prajurit TNI mempersembahkan tarian hudoq, tari kecak, tari pamung tawai, dan reog.

"Tari kecaknya yang sudah dikreasikan lagi," kata Kepala Penerangan Kodam VI Mulawarman Kolonel Taufik Hanif menjelaskan.

Selama acara berlangsung, panitia menyajikan berbagai makanan khas dan tradisional Nusantara. Soto Banjar dan nasi pecel, antara lain, menjadi menu andalan.[br]

Pangdam Tri Budi menjelaskan, kegiatan olahraga dan budaya ini bertujuan untuk mengakrabkan kedua negara melalui personel yang berlatih bersama pada Super Garuda Shield 2022.

"Baru kemudian, ditingkatkan cakupannya lebih luas lagi dengan kegiatan kematraan yang juga lebih besar lagi," kata Pangdam.

Ditutup

Latihan Bersama Super Garuda Shield 2022 resmi ditutup. Latihan ini diharapkan bisa meningkatkan kerja sama dan kemitraan strategis.

Latihan ini resmi ditutup oleh Komandan Kodiklatad Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono bertempat di Puslatpur Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan, Minggu (14/8).

"Dalam amanat Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa yang dibacakan Komandan Kodiklatad menyampaikan bahwa Latgabma Super Garuda Tahun 2022 bukan hanya sekedar untuk meningkatkan kemampuan interoperabilitas masing-masing Angkatan Bersenjata tetapi juga dalam rangka meningkatkan kemitraan strategis multilateral melalui komitmen persahabatan dan rasa saling percaya sebagai partner strategis yang berperan penting bagi harmoni pertahanan dan keamanan," ujar Komandan Kodiklatad Letjen TNI Ignatius Yogo dalam keterangan tertulis.

Banyak persiapan yang dilakukan demi kelancaran latihan ini. Termasuk latihan amfibi.[br]

Panglima TNI juga berharap Latgabma Super Garuda Shield Tahun 2022 ini dapat terus ditingkatkan sebagai bentuk kerja sama dan kemitraan strategis. Semata-mata demi memperkuat interoperabilitas serta diplomasi militer dalam menciptakan perdamaian dan stabilitas keamanan.

Panglima TNI mengatakan, selaku tuan rumah mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Commander General of the US Army for the Pacific, yang diwakili oleh Lieutenant General James B Jerrad.

"Selamat kembali ke negara dan satuan masing-masing dengan disertai semangat persaudaraan dari kami," ucapnya. (Antaranews/detikcom/f)

Sumber
: KORAN SIB
SHARE:
komentar
beritaTerbaru