Jumat, 02 Okt 2020
  • Home
  • Headlines
  • 3 WNI ABK Tewas di Kapal China, Jasadnya Diselundupkan ke Kepri

3 WNI ABK Tewas di Kapal China, Jasadnya Diselundupkan ke Kepri

Sabtu, 15 Agustus 2020 11:12 WIB
Batamnews.co.id/Yude

Tersangka penyelundupan jasad 3 ABK WNI di Batam. 

Jakarta (SIB)
Sebanyak tiga WNI ABK tewas di kapal ikan berbendera China kapal Fu Fuan Yu 829. Jasadnya diselundupkan ke wilayah Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

"Jadi begini, masalah ABK kapal China ini kan kita agak keras di Kepri. Jadi, begitu ada yang tewas, mereka nggak berani merapat. Jadi di-outer di pelabuhan terluar saja, dia nggak bersandar," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kepri Kombes Arie Dharmanto saat dihubungi, Jumat (14/8).

Kapal Fu Yuan Yu 829 itu tidak bersandar. Mereka mengontak pihak agen, lalu jasad tiga WNI itu dipindahkan dari tengah laut.
"Pihak agen dikontak untuk ambil mayatnya, diturunkan di tengah laut, tapi di luar tepi pelabuhan. Kemudian dibawa, ketahuan. Memang dari sebelumnya kita duga bakal ada lagi, tapi mereka rencananya berubah, yang tadinya sandar di pelabuhan. Kalau kemarin (penangkapan sebelumnya) kita tangkap," ujarnya.

"Beda lagi (dengan kapal sebelumnya), ini Fu Yuan Yu 829, ada tiga mayat," imbuhnya.
Kombes Arie menegaskan ada dua orang yang diduga sebagai penyelundup jenazah itu yang ditangkap. Keduanya merupakan agen pengiriman orang ke luar negeri secara ilegal.

"Kita tangkap dua orang, terus dikembangkan. Tadi malam (ditangkap)," ujarnya.
"Dia agen, manajer (pengiriman orang ke luar negeri secara ilegal)," tuturnya. (detikcom/f)
T#gs 3 WNI ABKDiselundupkan ke KepriJasadnya
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments