Jumat, 06 Des 2019

22 Pemimpin Negara Ucapkan Selamat Kepada Jokowi

admin Jumat, 19 April 2019 14:45 WIB
Calon presiden petahana, Joko Widodo
Jakarta (SIB) -Capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dirinya telah menerima ucapan selamat setidaknya dari 22 pimpinan negara sahabat terkait Pemilu 2019.

Hal itu diucapkan Jokowi saat memberikan pernyataan terbuka di sela pertemuan dengan para ketua umum dan sekretaris jenderal partai politik pendukung di Resto Pelataran, Menteng, Jakarta Pusat petang kemarin.

Jokowi mengucapkan tiga di antara 22 pemimpin negara sahabat yang mengucapkan selamat kepada dirinya yakni Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

"Dari siang sampai sore tadi kita telah menerima telepon dari Perdana Menteri Malaysia dokter Tun Mahathir Mohamad. Dan, juga Perdana Menteri Singapura, PM Lee Hsien Loong. Dan, juga dari Presiden Turki, Presiden Erdogan. Juga 10 negara lainnya yang telah memberi ucapan selamat atas keberhasilan diselenggarakannya pesta demokrasi besar di negara kita... Dan, beliau menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh masyarakat Indonesia. Dan juga, Jokowi dan Kiai Haji Ma'ruf Amin atas keberhasilan Pemilu 17 April kemarin," tutur Jokowi di teras Resto Pelataran didampingi Ma'ruf serta para ketum parpol koalisi, Kamis (18/4).

Jokowi mengapresiasi ucapan selamat dari 22 kepala negara ini, sebab menyelenggarakan Pemilu yang besar bukan hal mudah. Karena Indonesia memiliki 17 ribu pulau dengan lebih dari 800 ribu TPS.

"Ini sebuah Pemilu besar yang kalau mungkin negara lain melihat itu betul-betul sangat kagum, dan tingkat partisipasi yang hampir 81 persen itu juga sesuatu yang sangat tinggi sekali," ucapnya.

Para ketum partai yang terlihat mendampingi Jokowi di antaranya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Kemudian Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesudibjo, Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum PSI Grace Natalie, dan Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono.

Proses pemungutan suara Pemilu 2019 di seluruh Indonesia telah berlangsung pada 17 April 2019, meskipun di beberapa titik melaksanakan pemilu susulan dan Pemilu lanjutan akibat kendala logistik sebelumnya.

Berdasarkan hasil quick count (hitung cepat) sejumlah lembaga survei yang telah terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Prabowo-Sandi disebutkan telah kalah suara dari Paslon nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin meski belum 100 persen. (detikcom/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments