Selasa, 12 Nov 2019
  • Home
  • Headlines
  • 20 Hektare Kawasan Perbukitan Danau Toba di Silalahi Terbakar

20 Hektare Kawasan Perbukitan Danau Toba di Silalahi Terbakar

admin Jumat, 20 September 2019 10:12 WIB
SIB/Dok
TERBAKAR: Hutan kawasan perbukitan Danau Toba di Desa Silalahi 3 terbakar sekitar 20 hektare, Rabu (18/9) sore.
Sidikalang (SIB) -Diperkirakan sekitar 20 hektare hutan kawasan perbukitan Danau Toba di Dusun 1 Desa Silalahi 3 Kecamatan Silahisabungan Dairi kembali terbakar, Rabu (18/9) sore.

"Api dapat dipadamkan sekitar pukul 19.30 WIB. Setelah ditinjau tadi pagi, luas hutan yang terbakar sekitar 20 hektare," ucap Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan yang juga Kepala Pusdalop BPBD Dairi, Lipinus Sembiring, Kamis (19/9) di ruangannya.

Api sulit dipadamkan, apa lagi medannya sangat sulit, ditambah perbukitan ditumbuhi lalang. Api cepat merembes karena saat ini musim kemarau dan angin kencang. Pemadaman dilakukan secara manual, hanya menggunakan ranting.

Sampai saat ini, penyebab kebakaran belum diketahui. Masih dilakukan penyelidikan. Api memang tidak sampai ke permukiman. Api dipadamkan personel BPBD, masyarakat, polisi, Babinsa dan Manggala Agni. Sesuai informasi, kata Lipinus, Manggala Agni membuat Pos di Silalahi.

Lebih lanjut kata Lipinus, minggu lalu kawasan perbukitan itu juga terbakar di Desa Silalahi 2 dengan luas sekitar 6 hektare.
Kepala Desa Silalahi III, Rincon Situngkir yang dikonfirmasi lewat telepon, membenarkan terjadinya kebakaran hutan itu. Tidak ada lahan pertanian.

Berita sebelumnya, Kamis 12 September 2019 lalu juga terjadi kebakaran hutan di perbukitan Dusun Sinongnong Desa Silalahi II Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi. (K05/K06/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments