Jumat, 18 Okt 2019

13 Rumah Terbakar di P Brandan

Senin, 20 Januari 2014 09:58 WIB
SIB/lesman simamora
TERBAKAR: Tiga belas ruko dan rumah tempat tinggal musnah terbakar di Jalan KartiniPangkalan Brandan, Minggu (19/1)
Pangkalan Brandan (SIB)- Tigabelas rumah toko (Ruko) dan rumah tempat tinggal musnah terbakar, Minggu (19/1) sekira pukul 16:30 WIB di Jalan Kartini Keluarahan Sei Bilah Timur., Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat. Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, namun harta benda milik para korban hangus dilahap ‘si jago merah’, dan kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Keterangan dihimpun SIB di lokasi kebakaran menyebutkan, sejauh ini belum diketahui  pasti penyebab kebakaran termasuk jumlah rumah yang hangus terbakar. Namun untuk sementara diperkirakan  empat  Ruko di Jalan Kartini dan sembilan rumah tempat tinggal di belakang Ruko tersebut musnah hingga rata dengan tanah.

Amukan api  dapat dipadamkan  pukul 17:30 WIB setelah lima unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemkab Langkat dan PT Pertamina Pangkalan Brandan diturunkan, dibantu sejumlah personil Marinir-8 Tangkahan Lagan, anggota  Koramil setempat dan  personil Mapolsek Pangkalan Brandan maupun ratusan masyarakat.

Saat api belum membubung di Ruko bermaterial kayu tersebut, para pemilik terlihat sibuk . Pemilik ruko lainnya yang  di depan, muka - belakang, kiri-kanan di sekitar lokasi kebakaran juga sibuk mengeluarkan harta benda milik mereka dengan menggunakan beca dan mobil.

Namun karena kobaran api begitu cepat merambat ke seluruh bangunan berdinding papan di Jalan Kartini dan menyambar  rumah di belakang Ruko, membuat para pemilik  tidak dapat berbuat banyak untuk menyelamatkan harta benda mereka.

Menurut salah seorang tetangga korban di Jalan Kartini , dari tiga ruko yang musnah terbakar di Jalan Kartini di antaranya pedagang kain, sepatu, sandal. Dan di sebelahnya penjual kursi tempahan. Sementara rumah di belakang Jalan Kartini merupakan rumah tempat tinggal warga, di antaranya milik Pak Situmorang, Zega dan pak Purba.

Pantauan SIB di TKP, ribuan manusia memadati lokasi kebakaran hingga menyulitkan keluar masuknya sejumlah mobil kebakaran melakukan pemadaman. Selain itu, kendaraan roda dua dan empat juga turut memadati lokasi kebakaran di sepanjang Jalan Kartini, Jalan Mesjid, bahkan di Jalan Kalimantan, Pangkalan Brandan.

Camat Babalan Faisal Matondang yang dikonfirmasi SIB membenarkan peristiwa kebakaran di Jalan Kartini tersebut. Menururt dia, jumlah Ruko dan rumah tempat tinggal warga yang musnah terbakar sebanyak 13 pintu.

Menurut catatan SIB, kejadian serupa terjadi pada tahun 2009 lalu.  20 lebih Ruko musnah terbakar di jalan yang sama. Ketika itu juga tidak ada korban jiwa. (B3/c)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments