Minggu, 08 Des 2019
  • Home
  • Headlines
  • Pembangunan Fly Over Jalan Jamin Ginting Solusi Mengatasi Kemacatan Lalulintas Inti Kota Medan

Pembangunan Fly Over Jalan Jamin Ginting Solusi Mengatasi Kemacatan Lalulintas Inti Kota Medan

* Diharapkan Rampung Akhir 2014
Kamis, 20 Februari 2014 09:38 WIB
Sib/alexander H Ginting
TINJAU : Tim dari Kementerian PU, pihak PT WIKA dan PP dan pihak PJN Metropolitan meninjau pelaksanaan proyek Flay Over Jalan Jamin Ginting beberapa waktu lalu.
Medan (SIB)- Pembangunan fly over (jembatan layang-red) Jalan. Jamin Ginting, Padangbulan Medan sampai medio Pebruari 2014 berjalan lancar dan tidak ada kendala berarti. Sampai akhir Januari 2014, progress pekerjaan tercapai 56 persen dari target 47 persen atau plus progress 9 persen. Fly Over yang pelaksanaannya ditangani Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Metropolitan, Balai Besar Penanganan Jalan Nasional (BBPJN-I) sejak 9 Desember 2013 saat ini telah melakukan penutupan total jalan Jamin Ginting jurusan dari arah Pancurbatu menuju Padangbulan, Medan dan sebaliknya untuk peningkatan pembangunan utama.

Di antaranya pelaksanaan inti rigid pavement (perkerasan jalan-red) sepanjang 1,5 km dan pekerjaan struktur pilar dan box girder bentang di ruas jalan Jalan AH Nasution-Jl Ngumban Surbakti yang sampai saat ini masih dalam proses pekerjaan utama. Penutupan ruas jalan ini tidak membuat kemacatan arus lalu lintas dari arah Pancurbatu ke Medan dan sebaliknya. Mau pun dari arah Jalan AH Nasution menuju arah ke Setia Budi, Jalan Ngumban Surbakti karena adanya kesadaran semua pihak. Terutama para pengemudi angkot, bus dan pengemudi pribadi serta pengguna jalan lainnya yang dapat memahami tujuan pembangunan Fly Over itu ke depan untuk sarana kelancaran transportasi dimasa mendatang.

Dikategorikan bahwa, dari hasil evaluasi dan keterangan masyarakat setempat dan para sopir, sejak penutupan total badan jalan tersebut, arus lalu lintas dengan melalui beberapa ruas jalan alternatif yang telah ditentukan,  arus lalu lintas lebih lancar dibandingkan dengan sebelumnya; yang setiap saat kemacatan terus terjadi dan menjadi keluhan semua pihak.

Demikian dikatakan Kasatker PJN Metropolitan, Mulatua Sinaga melalui PPK 18 PJN Metropolitan, Karyawanta Sembiring dan Noerhadi Poerwanto, selaku Project Manager PT WIKA dan PP kepada SIB, Rabu (19/1/2014) di lokasi proyek fly over, Jl. Jamin Ginting, Padangbulan, Medan

Saat ini, proyek fly over yang bersumber dari APBN 2012-2014 ini sudah berjalan lancar dan tidak ada kendala yang berarti. Termasuk pelaksanaan pembangunan box girder bentang tengah (utama) di ruas badan jalan Jamin Ginting sedang dalam pelaksanaan yang membutuhkan estimasi waktu yang tidak kurang lebih dari dua bulan lebih.

“Untuk itulah, selama dalam pelaksanaan pembangunan Box Girder bentang tengah, ruas jalan Jamin Ginting akan ditutup sejak 9 Desember 2013 sampai 31 Maret 2014 sesuai kesepakatan bersama hasil rapat koordinasi terakhir, 18 Desember 2013 yang dihadiri Dinas Perhubungan Kotamadya Medan, Sat Lantas Polresta Medan, Konsultan Pengawas dan pihak kontraktor serta dari PJN Metropolitan, ujar Sembiring.

Masa pelaksanaan box girder bentang tengah tersebut, juga dilaksanakan perawatan oprit (peralihan jalan aspal ke rigid pavement-red) secara terus-menerus untuk menjaga kelancaran lalu lintas. Menjaga barrier (penghalang-red), tetap pada posisi yang direncanakan. Penambahan rambu terutama untuk di-U-Turn (menambah petunjuk arah-red). Untuk pelaksanaan ini, diupayakan pada jam-jam sibuk lalu lintas, tambah Noerhadi menambahkan.

Menyinggung dana pembangunan fly over yang dimulai Juli 2013 dan direncanakan tuntas akhir 2014 atau paling lambat awal 2015 tersebut, Sembiring menjelaskan bersumber dari APBN 2012 berkisar Rp101,5 milyar (termasuk PPn-red) dengan masa pelaksanaan 900 hari kalender. Dimulai 24 Juli 2012 s/d 10 Januari 2015. Pekerjaan ini diharapkan rampung atas kerjasama dengan Dinas Perhubungan Pemkot Medan, Satlantas Polresta Medan dan instansi yang terkait lainnya beserta seluruh elemen masyarakat.

“Terutama pengguna jalan yang diharapkan dapat mentaati rambu rambu lalu lintas dapat mengikuti ruas peralihan jalan sebagai jalan alternatif sampai saat ini sangat membantu pelaksanaan proyek ini,” tambahnya.

Perihal peralihan jalan tersebut, secara lebih rinci dikatakan Sembiring dan Noerhadi didampingi Dudy Setiawan selaku safety, Health and environmental Officer adalah : dari Medan menuju Pancurbatu – Brastagi, sementara harus belok ke kiri melalui ruas jalan AH. Nasution dan selanjutnya dapat melalui beberapa ruas jalan lainnya sampai kembali menuju Jalan. Jamin Ginting menuju arah Pancurbatu.

Demikian juga arah Pancurbatu menuju Padangbulan/Medan, dari jalur Jamin Ginting sementara harus belok ke kiri melintasi Jalan. Ngumban Surbakti lewat beberapa ruas jalan alternatif untuk kembali menuju Jalan. Jamin Ginting arah Medan.

Selama penutupan jalan tersebut, ruas-ruas jalan alternatif akan dipandu sejumlah petugas dari Dinas Perhubungan, Satlantas dan petugas dari pihak Kontraktor. Sangat diharapkan, agar kemacetan tidak terjadi, seluruh pengguna jalan, bus, angkot, becak dan pengguna mobil pribadi dapat mentaati rambu dan peraturan yang telah ditentukan agar pelaksanaan proyek fly over dapat terlaksana dengan baik dan tuntas.

“Paling tidak, pembangunan fly over Jalan Jamin Ginting bermanfaat untuk kelancaran arus lalu lintas dari inti kota ke kota wisata Berastagi, Tanah Karo serta menjadi jalan alternatif bagi kelancaran berlalu lintas dari inti kota ke daerah-daerah kabupaten/kota lainnya di Sumut ke depan”, harap Karyawanta mengakhiri.

Pantauan SIB, sampai Rabu (19/2) arus lalulintas berjalan lancar. Tidak ada masalah berarti. Semua itu berkat partisipasi masyarakat, khususnya para pengguna jalan, pemuda setempat dan seluruh instansi pemerintah yang terus berperan aktif dalam pelaksanaan pembangunan fly over ini. Sejumlah warga dan tokoh masyarakat yang ditemui SIB, rabu (19/2) di warung kopi “pageleng” simpang Jalan Sempakata, Padang Bulan Medan prihal pembangunan fly Over tersebut mengaku sangat positif untuk pengembangan dan pembangunan infrastruktur Kotamadya Medan ke depan. Pembangunan fly over ini sangat berprosfektif bagi masyarakat Sumatera Utara dan masyarakat Kotamadya Medan pada khususnya, ujar Pak Ginting optimis. (BR2/h)

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments