Jumat, 06 Des 2019
  • Home
  • Headlines
  • Masyarakat Karo Tebing Tinggi dan Sekitarnya Dukung Dr Ir Jongkers Tampubolon MSc

Masyarakat Karo Tebing Tinggi dan Sekitarnya Dukung Dr Ir Jongkers Tampubolon MSc

Kamis, 23 Januari 2014 10:28 WIB
SIB/ISt
TERIMA UIS KAPAL : Dr Ir Jongkers Tampubolon, MSc didampingi isteri Dr Ir Juli Ritha Tarigan, MSc menerima Uis Kapal dari Ketua Merga Silima Tebing Tinggi Drs Eliyas Tarigan
Tebingtinggi (SIB)- Masyarakat Karo yang bergabung dalam Merga Silima Tebing Tinggi dan sekitarnya (meliputi Dolok Masihul, Sei Rampah, Gunung Pamela dan Kota Tebing Tinggi) secara bulat menyatakan dukungannya kepada Dr Ir Jongkers Tampubolon Msc untuk mewakili masyarakat Karo pada pemilihan Umum Legislatif DPR RI April mendatang. Hal ini terungkap dalam acara Syukuran Tahun Baru 2014, Sabtu (11/1), di Balai Kartika Tebing Tinggi.
Pada kesempatan itu, Drs Eliyas Tarigan sebagai Ketua Merga Silima Tebing Tinggi menyampaikan Uis Kapal kepada Jongkers Tampubolon beserta isteri Dr Ir Juli Ritha Tarigan MSc, sebagai tanda pengikat persaudaraan dan kekeluargaan di antara masyarakat Karo Tebing Tinggi dan Sekitarnya dengan calon legislatif DPR RI dari Partai Golkar dengan Nomor Urut 6 dapil Sumut-1 (Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagei dan Tebing Tinggi) ini.

Didampingi Wakil Ketua Merga Silima Daulat Kaban dan Sekretaris Jamal Ginting serta Bendahara Bahagia Sebayang, Eliyas mengatakan, Pengurus Merga Silima telah melakukan penilaian yang matang sebelum menetapkan dukungan kepada Jongkers Tampubolon. Penilaian itu antara lain berdasarkan latar belakang pendidikan.

"Gelar akademiknya diperoleh secara benar dari IPB dan Jerman. Selain itu kepemimpinannya juga sudah teruji, dua periode menjadi Rektor Nommensen bukan prestasi yang biasa-biasa dan selama kepemimpinannya kita tidak mendengar adanya indikasi korupsi yang menjadi momok bagi pemimpin di negeri ini", ujarnya.

Kualitas SDM ini, ujar Eliyas, ditambah dengan hubungan emosional dan budaya membuat dukungan mereka semakin mantap. "Jongkers Tampubolon telah 25 tahun menikah dengan beru Tarigan dan selama itu pula ia telah menjadi bagian dari budaya Karo. Itulah alasan kenapa Merga Silima mendukungnya", tegasnya seraya mengungkapkan bahwa untuk DPRD baik di tingkat Kota/Kabupaten maupun tingkat Provinsi Merga Silima tidak mencapai kesepakatan untuk menyatakan dukungan kepada seorang calon.

Atas dukungan yang diberikan padanya, Jongkers Tampubolon menyampaikan rasa terima kasih. Ia mengaku merasakan ikatan kekeluargaan yang mendalam di tengah-tengah masyarakat Karo. "Masyarakat Karo itu memiliki tali persaudaraan yang berlapis-lapis, dari satu sisi sudah bersaudara apabila dilanjutkan bertutur dari sisi yang lain kekerabatan itu bisa lebih dekat lagi", katanya didampingi isteri, mertuanya Timauli beru Bukit beserta tim relawan untuk Kota Tebing Tinggi yang dipimpin oleh L. Siburian dan Kordinator Relawan untuk masyarakat Karo Pt em Daniel Sembiring.

Jongkers menambahkan, idealnya memang antara wakil rakyat dengan masyarakat yang diwakilinya saling mengenal dan memiliki ikatan emosional. "Aku telah menerima uis kapal ini, artinya mulai dari saat ini kam semua masyarakat Karo Tebing Tinggi sekitarnya sudah menjadi relawan pemenangan Jongkers Tampubolon", ujarnya yang disambut dengan tepuk tangan meriah oleh sekitar 600 undangan yang memenuhi gedung Balai Kartini.

Di sela-sela acara yang diisi dengan landek (menari) mewakili wilayah (Dolok Masihul, Sei Rampah, Gunung Pamela dan Tebing Tinggi) serta mewakili merga silima (Peranginangin, Karokaro, Sembiring, Ginting dan Tarigan) serta pemuda, Pt em Daniel Ginting sebagai kordinator relawan di lingkungan masyarakat Karo menjelaskan bahwa dari waktu ke waktu, Jongkers Tampubolon telah menjelma menjadi wakil masyarakat Karo. Jongkers dinilai tanggap melayani beragam undangan yang sampai kepadanya baik untuk sukacita (pesta pernikahan) maupun dukacita (menghadiri acara adat untuk orang yang meninggal). Ia dapat menikmati duduk berjam-jam di jambur atau pulang menjelang pagi sehabis mengikuti acara guro-guro aron. Karena itu, untuk memuaskan kerinduan masyarakat Karo di dapil Sumut-1 direncanakan untuk menyelenggarakan acara Mburo Ate Tedeh (marsombu sihol) di empat atau lima titik seperti Lubuk Pakam, Pancur Batu, Sibolangit dan lainnya.

Hingga lewat tengah malam, acara yang dihibur perkolong-kolong Samuel Sembiring dari Berastagi ini tetap mendapat antusias yang tinggi dari para undangan. Di antara pengurus Merga Silima yang hadir antara lain Wakil Sekretaris Bahrum Brahmana, Wakil Bendahara Njujuri Ginting serta Ketua-ketua marga. (Rel/h)


T#gs Karo
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments