Kamis, 21 Nov 2019

Ada Apa Antara PSP Bank Sumut dan OJK ?

*Sudah Sebulan Diajukan ke OJK, Calon Dirut Bank Sumut Masih Tak Jelas
Selasa, 04 Maret 2014 09:57 WIB
SIb/antara
Medan (SIB)- Gubsu Gatot Pujo Nugroho selaku pemegang Saham Pengendali (PSP) PT Bank Sumut masih  menunggu hasil fit and proper test dua calon nama untuk menempati posisi Direktur Utama dan Direktur Operasional PT Bank Sumut. Dua nama calon direksi bank daerah itu telah diserahkan PSP ke OJK pada 3 Februari 2014.

 “Masih menunggu dari OJK. Kita serahkan ke OJK Medan, setelah itu mungkin sudah diteruskan ke OJK Jakarta,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (28/2).
Gatot berharap agar kekosongan direksi PT Bank Sumut cepat diisi oleh direksi yang lolos fit and proper test nantinya. Dua nama yang diajukan itu, ujarnya, merupakan dari internal PT Bank Sumut.

 Dia mengatakan, diambilnya dari internal Bank Sumut karena nantinya kedua direksi ini dianggap mampu dan mengerti menjalankan Bank Sumut ke arah yang lebih baik.

 “Sebelumnya kita kan sudah mengesahkan dua direksi juga melalui RUPSLB yang telah berlangsung sebulan lalu. Usai RUPSLB itu, saya juga sudah tegaskan tetap akan mengambil dari internal Bank Sumut,” ujarnya.

 Hingga kini, posisi direksi Bank Sumut yang masih kosong yakni Direktur Utama dan Direktur Operasional yang sering disebut dengan Direktur Umum. Sebulan lalu posisi Direktur Kepatuhan dan Direktur Syariah telah disahkan melalui RUPSLB.

Di tempat terpisah, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumatera, Achmad Fauzie mengku telah menerima tembusan surat pengajuan dari PSP.

Dia mengatakan saat ini proses penyeleksian calon direksi tersebut sedang berproses di Departemen Perizinan dan Informasi Perbankan (DPIP) OJK Jakarta.

“Wawancara terhadap calon-calon belum dilakukan,” ujarnya melalui pesan singkat.

Jika semua nama sudah disahkan di dalam RUPSLB maka jajaran direksi PT Bank Sumut yang sudah  diisi yakni Komisaris Independen, Direktur Pemasaran, Direktur Syariah, Direktur Kepatuhan. Sementara saat ini yang masih kosong adalah Direktur Utama dan Direktur Umum.

 30 Hari Masa Kerja

Sementara itu Idra Yuheri,Kepala Divisi Pengawasan Bank Regional 5 Otoritas Jasa Keuangan(OJK) Sumatera mengatakan, proses pencalonan direksi bank itu bisa diproses setelah    dokumen  yang disampaikan PSP (Pemegang Saham Pengendali)  ke  Direktorat  Perizinan OJK Pusat lengkap.

“Terhitung  sejak dokumen yang disampaikan lengkap,maka dalam 30 hari masa kerja selesai diproses., Ini sesuai PBI (Peraturan Bank Indonesia),ujar Indra kepada SIB, Senin sore (3/3/2014)

Jadi,tambahnya selama dokumen yang diajukan tidak lengkap,tidak akan diproses,bahkan berkas segera dikembalikan.

Ketika disinggung pencalonan dua direksi Bank Sumut yang diajukan PSP ke Departemen Perizinan Informasi OJK Pusat pada 3 Pebruari 2014, Indra  enggan mengomentarinya.

Soal proses pencalonan Bank Sumut  ini tanya saja ke PSP,” ujarnya.

Memang soal Bank Sumut  atau bank umum lainnya, katanya, pengajuan berkas oleh PSP ke Direktorat Perizinan OJK Pusat dengan tembusannya ke Regional V OJK Sumatera.

Ia mengatakan,untuk menetapkan orang-orang yang duduk sebagai calon direksi harus selektif dan penilaiannya dari berbagai sisi, Harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan OJK barulah yang bersangkutan  bisa mengikuti Fit and Proper Test

 “Jadi hasil fit and proper test atau uji kelayakan dan kompetensi ini penentu calon direksi bisa menduduki jabatan direksi.

Seperti diketahui jabatan direktur utama Bank Sumut kosong sejak 22 Juni 2012.( A16/A3/c)
 
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments