Selasa, 18 Jun 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Usai Lebaran, Harga Jengkol Naik Jadi Rp80 Ribu/Kg

Usai Lebaran, Harga Jengkol Naik Jadi Rp80 Ribu/Kg

admin Senin, 10 Juni 2019 11:43 WIB
Jengkol
Jakarta (SIB) -Usai Lebaran, harga beberapa komoditas pangan terpantau sudah mulai turun dan stabil di Pasar Kecapi, Bekasi. Namun sayangnya, hal ini tidak terjadi pada harga jengkol.

Menurut pedagang sayuran Sugeng (44) mengatakan harga jengkol saat ini terpantau masih tinggi mencapai Rp 80 ribu per kilogram (kg). Padahal harga normal jengkol sebelumnya hanya berkisar Rp 35 ribu sampai Rp 40 ribu per kg.

"Sudah jadi tradisi, harga jengkol semakin mahal pas Lebaran sampai sekarang," jelas Sugeng saat ditemui, Minggu (9/6).

Tidak hanya jengkol, harga pete pun mengalami peningkatan yang begitu tajam. Biasanya, pete dijual hanya Rp 2.000 hingga Rp 5.000 ribu per papannya. Namun saat ini, harga pete sudah mencapai Rp 20 ribu per papannya.

"Sudah sejak 15 hari puasa udah mahal, apalagi pete sekarang lagi ngga musim, jadi barang sekarang benar-benar lagi kosong sekalinya ada ya jadi mahal banget," ujar Sugeng.

Sugeng menambahkan jika pun saat ini ada pete seharga Rp 18 ribu namun kualitasnya tidak bagus dan cenderung lebih kecil.

Mulai Turun
Sempat menginjak harga Rp 100 ribu per kilogram (kg), saat ini harga cabai merah keriting terpantau sudah mengalami penurunan yang cukup signifikan di Pasar Kecapi, Bekasi.

Salah satu pedagang sayur Sugeng (45) mengatakan, saat ini harga cabai merah keriting yang dijualnya berkisar Rp 70 ribu hingga Rp 80 ribu per kg yang sebelumnya mencapai lebih dari Rp 100 ribu per kg.

"Kemarin pas lebaran sampai Rp 100 ribu lebih soalnya enggak ada barangnya," ujar Sugeng, Minggu (9/6).

Pedagang sayur lainnya, Alex (56) tahun mengaku menjual cabai keriting Rp 60 hingga Rp 65 ribu per kg dari harga normalnya Rp 35 ribu per kg.

Hal ini berbeda dengan bawang merah. Saat ini harga bawang merah dan tomat masih tinggi. Menurut pengakuan pedagang sayuran Alex, saat ini harga bawang merah berkisar Rp 45 ribu hingga Rp 50 ribu per kg. Sementara, harga tomat Rp 20 hingga Rp 22 ribu per kg.

"Sudah semenjak lebaran, sebelumnya mah Rp 30 ribu sampai Rp 35 ribu per kg," jelas Alex.
Sementara itu harga bawang putih terpantau masih stabil Rp 45 ribu hingga Rp 50 ribu per kg.

Tidak hanya itu saja, harga tempe dan tahu juga terpantau mengalami peningkatan meskipun tidak terlalu signifikan yaitu Rp 1.000 hingga Rp 2.000. "Sekarang harga tempe yang dibungkus daun Rp 6 ribu, sebelumnya kan Rp 5 ribu per papan," ujar Sugeng.

Sementara harga komoditas sayuran lainnya tidak mengalami peningkatan yang begitu signifikan bahkan cenderung stabil. (liputan6/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments