Sabtu, 25 Mei 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • UMKM Harus Menyesuaikan Diri dengan Revolusi Industri 4.0

Dr M Ridha Haykal Amal :

UMKM Harus Menyesuaikan Diri dengan Revolusi Industri 4.0

admin Kamis, 16 Mei 2019 14:09 WIB
Dr Muhammad Ridha Haykal Amal SSos SH MSi
Medan (SIB) -Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sumut jangan antipati atau merasa rendah diri dengan revolusi industri generasi keempat. Tetapi pelaku UMKM harus mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan yang muncul dari revolusi industri 4.0.

"Transformasi digital bagi UMKM sudah merupakan tuntutan pasar yang mau tidak mau harus dilakukan. Pasar sudah mengarah ke sana. UMKM jangan berpikir, saya hanya UMKM, tidak perlu ikut-ikutan," ujar Plt Kadis Koperasi dan UKM Provsu Dr Muhammad Ridha Haykal Amal SSos SH MSi kepada SIB, Rabu (15/5).

Menurut Ridha, UMKM harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi terbaru. Agar, UMKM bisa berdaya saing. Jadikan itu sebagai keunggulan layanan bagi konsumen. Dari sisi pemasaran, adopsi teknologi informasi memberikan jangkauan pasar yang jauh lebih luas. Apalagi, karakter konsumen akan mengejar di manapun produk berada, selama harganya adalah yang termurah.

Sementara dari sisi operasional, kata dia, adopsi teknologi akan memberikan efektivitas dan efisiensi yang besar. Apalagi, jika kapasitas usaha semakin besar dan memerlukan kecepatan tinggi dalam operasionalnya.

Pelaku UMKM, harus bertransformasi ke arah digital. UMKM, jangan merasa ciut dengan kata-kara revolusi industri 4.0 atau otomatisasi. "Kita harus ada di dalamnya, bukan justru menghindarinya," katanya.

Ke depan tambahnya, arus digitalisasi akan semakin deras. Mereka yang tidak mau menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi justru akan tersingkir dan kalah dari persaingan.

Bukan hanya karakter konsumen, infrastruktur teknologi informasi (TI) juga menjadi tantangan lainnya. Namun, menurutnya, terlepas dari sejumlah tantangan tersebut, benefitnya juga besar.

"Operasional usaha jadi lebih efisien. Inovasi teknologi ini juga menjadi keunggulan bersaing bagi produk untuk bisa menembus pasar yang semakin luas. Pada era revolusi industri 4.0 ini masyarakat semakin sulit melepaskan diri dari TI. Digitalisasi sudah menjadi keseharian dan ke depan trennya akan semakin meningkat," pungkasnya. (M12/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments