Selasa, 20 Agu 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Transportasi Online Bakal Banjir Penumpang saat Mudik Lebaran

Transportasi Online Bakal Banjir Penumpang saat Mudik Lebaran

admin Kamis, 11 April 2019 12:17 WIB
Ilustrasi
Jakarta (SIB) -Layanan transportasi online bakal banjir pesanan saat masa mudik Lebaran 2019. Hal itu lantaran moda transportasi ini akan menjadi pilihan utama masyarakat untuk menuju simpul transportasi utama seperti stasiun atau pun bandara.

Demikian ungkap Kepala Badan Litbang Perhubungan, Sugihardjo, saat menyampaikan hasil survei potensi pemudik 2019 di wilayah Jabodetabek.

"Angkutan online akan menjadi pilihan utama pemudik yang menggunakan moda utama kereta api dan pesawat untuk menuju simpul transportasi," ujar Sugihardjo di Jakarta, dilansir dari Tv One, Rabu (10/4).

Berdasarkan survei tersebut, 34 persen responden akan menggunakan taksi atau mobil online menuju stasiun, dan 34,9 persen responden akan menggunakan taksi atau mobil online menuju bandara.

Masih dalam survei mudik 2019 tersebut, lanjut dia, diperkirakan sekitar 20,9 persen pemudik akan menghabiskan dana di lokasi mudik sebanyak Rp500 ribu sampai Rp1,5 juta dan 20,1 persen menghabiskan dana sekitar Rp1,5-2,5 juta.

Disebutkan, total dana pemudik Jabodetabek yang dihabiskan di lokasi mudik sebesar Rp10,3 triliun. Di mana dana terbanyak mengalir di wilayah Jawa Tengah sebesar Rp3,8 triliun, kemudian Jawa Barat sebesar Rp2,05 triliun rupiah, dan Jawa Timur sebesar Rp1,3 triliun rupiah serta sisanya mengalir tersebar ke wilayah lain di Indonesia.

"Sedangkan total biaya transportasi yang dibutuhkan pemudik dari Jabodetabek ke tujuan mudik sebesar Rp6 triliun, terbanyak adalah ke Jawa Barat, Rp945 miliar dan ke Jawa Timur Rp791 miliar," tuturnya. (M20/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments