Kamis, 21 Nov 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Temui Jokowi, Foxconn Janji Investasi Rp 12 T

Temui Jokowi, Foxconn Janji Investasi Rp 12 T

Sabtu, 08 Februari 2014 22:01 WIB
Jakarta (SIB)- Perusahaan elektronik asal Taiwan, Foxconn Technology Group, berniat berinvestasi di Jakarta melalui kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI. Jumat, kedua pihak menandatangani Letter of Intend (LoI) di Balai Kota.

Gubernur DKI Joko Widodo mengatakan ketertarikan Foxconn diungkapkan sejak setahun lalu. Kerja sama berbentuk business to business antara Kawasan Berikat Nusantara dengan Foxconn.

Jokowi menyambut baik investasi di bidang teknologi informasi itu dan akan mengirim perwakilan ke Taipei untuk menindaklanjuti kerja sama. "Kami mau masuk ke industri high value, high end manufacturing," kata Jokowi, Jumat, (7/2/2014).

Direktur Foxconn, Terry Gou, mengaku tidak khawatir dengan tantangan investasi di Jakarta seperti kemacetan. "Saya percaya kepada pemerintah," katanya. Jokowi menimpali, dia yakin proyek MRT dan monorail bisa selesai dalam 5-6 tahun.

Menurut Terry, nilai investasi Foxconn di Jakarta setidaknya USD 1 miliar atau setara Rp 12 triliun untuk jangka waktu 3-5 tahun. Dia berpromosi, investasi ini bisa menyerap tenaga kerja muda di Jakarta maupun daerah lain. "Dia berasal dari Jawa Tengah. Banyak insinyur muda dari Jawa Tengah bisa pindah ke sini."

Untuk mendukung niat ini, Jokowi berjanji mempermudah perizinan dan dan membenahi infrastruktur. Sebagai langkah awal, Pemprov sudah mengalokasikan lahan 200 hektare di Marunda, Jakarta Utara. Selanjutnya, penandatanganan memorandum of understanding dijadwalkan pada April 2014. (TEMPO.CO)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments