Rabu, 16 Okt 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Setelah Panen Besar, Harga Jeruk Raya Simalungun Mulai Naik

Setelah Panen Besar, Harga Jeruk Raya Simalungun Mulai Naik

admin Jumat, 15 Maret 2019 12:13 WIB
Jeruk
Simalungun (SIB) -Harga jeruk Raya Kabupaten Simalungun mulai naik dari Rp4 ribu menjadi Rp8 ribu per Kg. Mirisnya, petani sudah sempat panen besar sehingga tidak menikmati lonjakan harga tersebut.

"Harga naik menjadi Rp8 ribu, tapi kami sudah selesai panen besar," ungkap Manson Saragih, petani jeruk di Raya, Kamis (14/3).
Sebelumnya, harga jeruk anjlok selama berbulan-bulan membuat petani mengeluh. Padahal, jeruk Raya cukup diminati konsumen hingga ke luar daerah.

"Harganya (jeruk) sempat bertahan di bawah Rp5 ribu per Kg selama hampir 4 bulan. Penyebabnya tidak diketahui, petani hanya pasrah. Sementara biaya pengelolaan cukup besar," ujarnya.

Petani lainnya, Sabarinson Purba juga mengakui, kenaikan harga jeruk di saat sudah selesai panen besar. Buah jeruknya kini masih hijau-hijau atau belum bisa dipanen.

Menurutnya, untuk mengelola lahan jeruk diperlukan keuletan dan modal yang sangat tinggi. Biaya perawatan menjadi cost (pengeluaran) terbesar.

"Jaminan kepastian harga itu sangat penting agar biaya pengeluaran dan pemasukan dapat sebanding, sehingga petani tidak dirugikan. Beban petani cukup berat bila harga bertahan di Rp4 ribu. Setidaknya Rp8 ribu sampai Rp10 ribu sekilo," harapnya. (D05/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments