Senin, 21 Okt 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Produk Jamu Herbal Indonesia Tembus Pasar Mancanegara

Produk Jamu Herbal Indonesia Tembus Pasar Mancanegara

admin Senin, 16 September 2019 15:32 WIB
SIB/Dok
Sergai (SIB) -Industri jamu Indonesia mencatat sejarah baru karena sukses menembus pasar mancanegara seperti China, Hongkong dan sepuluh negara lainnya. Selama ini, produk herbal asal nusantara mengalami kesulitan untuk dipasarkan di China dan negara lainnya karena regulasi yang diterapkan oleh masing-masing negara.

"Keberhasilan ini berkat usaha yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) dalam memberikan dukungan bagi industri dan pelaku usaha nasional untuk memperluas jangkauan distribusi produknya ke pasar ekspor," ungkap Humasy PT Harvest Gorontalo Indonesia (HGI) Suarno Arifin SE yang merupakan produsen produk Herbal Tetes SoMan menjawab SIB di Sei Rampah Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Minggu (15/9) soal peluang pemasaran produk industri jamu Indonesia.

Menurutnya, kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan Memorandum Of Agreement (MoA) oleh Presiden Direktur PT HGI Riyanto dengan perusahaan Hangzhou Ingent Import and Export Trade Co Ltd (pemasar di China) dan Vittoria Health Science and Technology Co Ltd (pemasar di Hongkong) disaksikan oleh Kepala BPOM RI Penny K Lukito dalam rangkaian acara 'The 2 nd China Traditional Chinese Medicine Industry Expo' di Lanzhou, Gansu China pada tanggal 24 Agustus 2019 lalu.

Tampil sebagai keynote speech pada kegiatan tersebut, Penny K Lukito menyampaikan bahwa BPOM berkepentingan untuk mendorong daya saing produk jamu atau obat tradisional Indonesia di pasar global. Dan industri jamu ini harus dapat memenuhi standar kualitas secara konsisten agar produknya dapat diterima oleh negara tujuan ekspor terutama negara negara yang menerapkan sistem regulasi yang kuat.

Suarno Arifin mengatakan pelaku bisnis jamu sangat mengapresiasi BPOM RI yang telah memberikan dukungan hingga pasar produk jamu tradisional asal Indonesia ini menembus pasar internasional di antaranya China yang sangat terkenal dengan pengobatan tradisionalnya. "PT HGI tetap membawa nama Indonesia dalam memperkenalkan jamu herbal ke sejumlah negara," katanya menutup. (T07/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments