Minggu, 17 Nov 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Presiden : Seorang Pengusaha, Orang yang Berpikir Kreatif, Inovatif dan Kaya Ide

Presiden : Seorang Pengusaha, Orang yang Berpikir Kreatif, Inovatif dan Kaya Ide

Kamis, 16 Januari 2014 20:22 WIB
SIB/ist
Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono
Jakarta (SIB)- Menjadi pengusaha sukses tidak diraih dalam waktu singkat. Sering kali seorang pengusaha sukses harus melewati berbagai proses kegagalan dan kebangkitan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di depan ribuan mahasiswa berbagi saran agar bisa menjadi pengusaha sukses. Ia menyarankan para pengusaha atau calon pengusaha muda agar bergabung atau bertemen dengan seseorang yang berpikir positif dan memiliki rasa optimistis.

"Mau sukses di bidang apapun di bidang bisnis maka bergabung pada orang optimistis, berpikir positif dan jiwa yang terang jangan mau bergabung ke barisan yang berpikir pesimistis, pasif, suka salahkan orang, malas dan nggak mau kerja. Sekarang pilihan ada di Anda," kata SBY pada acara Gerakan Kewirausahaan Nasional serta penghargaan Wirausaha Muda Mandiri (WMM) dan Mandiri Young Technopreneur (MYT) di Istora Senayan Jakarta, Rabu (15/1).

Selain itu, pengusaha muda atau pemula harus bisa membaca atau meniru perjalanan sukses pengusaha kelas dunia lainnya. Dengan mengetahui kisah dan perjalanan sukses para pengusaha besar, harapannya bisa mendapatkan inspirasi.

"Baca kisah sukses entrepreneur di seleuruh dunia yang jadi jutawan, miliarder. Mereka yang gagal, mencoba lagi dan sukses. Raih sukses bukan pekerjaan 1-2 hari, 1 bulan atau 1-2 tahun. Mereka pantang menyerah, jatuh bangun," katanya.

Ia juga meminta generasi muda untuk berusaha dengan keras dan tak kenal putus asa dalam mengejar impian dan cita-cita ketika menjadi pengusaha sukses. Menurutnya tidak ada cara singkat atau jalan pintas untuk menjadi seorang pengusaha hebat.

"Pesan saya ke kaum muda jangan tergoda dengan sesuatu yang tidak benar misal mau cepat dan mudah. Ingin cepat jadi kaya, cepat jadi pemimpin besar dengan cara yang tidak baik. Yang hendak kita bangun yaitu gigih berjuang hari ke hari, masa ke masa," terangnya.

Ia juga mengatakan seorang pengusaha adalah orang yang berpikir kreatif, inovatif dan kaya akan ide.

"Di dunia bisnis. Seorang wirausaha adalah yang temukan produk dan usaha baru, buka pasar, beri nilai tambah, hubungkan modal dengan pekerja, kembangkan bisnis. Saya ingin pengusaha muda agar terus berkembang," terangnya.

Kelas Menengah RI 50 Juta Orang
SBY mengatakan jumlah kelas menengah Indonesia saat ini setara dengan 10 kali penduduk Singapura atau sekitar 50 juta orang di 2013.

Bahkan diperkirakan akan terjadi pertumbuhan pesat kelas menengah Indonesia dalam kurun 10-15 tahun ke depan. Pada tahun 2030 diperkirakan jumlah kelas menengah Indonesia mencapai 120 juta orang.

"Tahun lalu middle class (kelas menengah) mencapai 50 juta orang. Itu 10 kali jumlah penduduk Singapura. Pada tahun 2030, jumlah middle class jadi 120 juta," kata SBY.

Kelas menengah memiliki karakter punya daya beli yang tinggi. Kemampuan tersebut bisa dilirik sebagai potensi pasar yang besar bagi para wirausaha Indonesia untuk menyediakan produk dan jasa yang berkualitas.

"Mereka perlu barang dan jasa yang kualitas lebih baik. Ekonomi di Indonesia saat ini berkembang. Nggak di Jawa saja," jelasnya.

Menurut SBY, pengusaha baru tumbuh sejalan berkembangnya kelas menengah, sehingga ekonomi nasional ikut terkerek naik. Bahkan lapangan pekerjaan baru juga bakal terbuka atau bertambah.

"Sekarang makin banyak yang mau usaha sendiri. Merekalah penyelamat ekonomi nasional. Pertanyaan kemudian di negeri ini apakah masih bisa berkembang usaha mandiri. Jawaban saya dengan tegas masih. Makin ke depan makin besar peluang," terangnya. (dtf/ r)
T#gs Presiden
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments