Selasa, 26 Mei 2020
PDIPSergai Lebaran
  • Home
  • Ekonomi
  • Petrokimia Jamin Stok Pupuk Karo Tetap Cukup

Petrokimia Jamin Stok Pupuk Karo Tetap Cukup

Jumat, 17 Januari 2014 15:49 WIB
SIB/Int
Pupuk
Medan (SIB)- Manajemen PT Petrokimia Gresik menjamin stok pupuk bersubsidi tetap aman dan mencukupi kebutuhan petani di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang sejak September 2013 hingga kini terdampak letusan Gunung Sinabung.

"Pupuk ZA, SP36 dan NPK Phonska tetap kami sediakan di gudang dan beberapa distributor dan agen, meski permintaan sedang berkurang akibat dampak bencana erupsi Sinabung yang masih terus berlangsung," kata Sales Supervisor PT Petrokimia Gresik Wilayah Sumatera Utara Cahyono, di Medan, Kamis.
Stok di gudang Karo masing-masing untuk ZA ada 733 ton, SP36 sejumlah 202 ton dan NPK Phonksa 1.790 ton.

Stok bisa ditambah kalau ada permintaan, katanya.

Selain di Karo, Petrokimia juga tetap menjaga stok di Kabupaten Langkat yang juga menjadi daerah yang rawan terimbas bencana dan bahkan dijadikan lokasi pengungsian erupsi Sinabung itu.

Di Langkat, stok diambil dari gudang Medan masing-masing sebanyak 2.235 ton untuk jenis ZA, SP36 sejumlah 15.068 ton dan NPK Phonska 28.590 ton.
"Meski permintaan sepi, tetapi kewajiban Petrokimia menjaga keamanan stok. Apalagi ada beberapa daerah  seperti Kecamatan Laubaleng dan Mardinding masih meminta pupuk itu," katanya.

Di Laubaleng dan Mardinding, petani sedang masuk masa tanam baru setelah panen jagungnya baru saja usai.

Cahyono menjelaskan, sesuai Peraturan Gubernur No. 31 tanggal 30 Desember 2013 tentang Alokasi Pupuk Bersubsidi Sumut 2014, alokasi pupuk untuk Karo pada tahun ini masing-masing urea 16.980 ton, SP36 sebesar 5.786 ton, ZA sebanyak 7.245 ton, NPK 14.110 dan pupuk organik 10.106 ton.

Anggota DPD RI utusan Sumut, Parlindungan Purba menyebutkan, ketersedian pupuk bersubsidi dan nonsubsidi di Sumut khususnya Karo harus terjaga dengan baik.

"Jangan sudahlah susah karena bencana, saat mau mengolah tanamannya kembali, petani kesulitan mendapatkan pupuk,” katanya.

DPD sendiri, kata dia, akan mempertanyakan dan meminta pemerintah pusat untuk mengevaluasi kebijakan pengurangan alokasi beberapa jenis pupuk untuk Sumut pada tahun ini.

"DPD RI juga akan meminta, Pemerintah Pusat menyiapkan anggaran untuk kebutuhan pupuk, benih dan lainnya untuk petani di Karo setelah bencana erupsi Sinabung selesai," katanya. (Ant/f)
T#gs Karopupuk
LebaranDPRDTebing
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments