Rabu, 08 Jul 2020
PalasBappeda
  • Home
  • Ekonomi
  • Pameran KUMKM Sumut Tingkatkan Daya Saing Hadapi MEA

Pameran KUMKM Sumut Tingkatkan Daya Saing Hadapi MEA

Sabtu, 13 Agustus 2016 17:29 WIB
SIB/Danres Saragih
PUKUL GONG : Asten III Oka Zukarnain SH MSi disaksikan Kadiskop dan UKM Provsu M Zein Siregar MSi dan yang lainnya memukul gong pada pembukaan Promosi dan Pasar Produk Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Sumut 2016 di Gedung Pusat Promosi dan Daga
Medan (SIB)- Gubsu Erry Nuradi diwakili Asisten III Bidang Kesejahteraan dan Sosial Pemprovsu Oka Zulkarnain SH MSi membuka kegiatan Promosi dan Pasar Produk Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Sumut 2016 di Gedung Pusat Promosi dan Dagang UMKM Jalan Gatot Subroto Km 6,5 Medan, Jumat (12/8). Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari itu diikuti 50 peserta dari kabupaten/kota se-Sumut.

Dalam sambutannya Asisten III Pemprovsu Zulkarnain mengatakan, UMKM sangat berperan strategis dalam meningkatkan perekonomian di Sumut. Pemprovsu sangat berkomitmen atas kegiatan ini di mana kegiatan promosi dan pasar produk KUMKM merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan dalam rangka meningkatkan sektor ril di Sumut.

Ia melanjutkan, promosi dan pasar produk KUMKM adalah sebuah pesta koperasi dan sebuah wahana untuk promosi produk yang sudah dilaksanakan sejak 2009. Pameran itu tentunya menjadi suatu ruang untuk meningkatkan potensi dalam rangka meningkatkan daya saing pelaku UMKM dalam menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mulai 2016.

"Sektor koperasi dan UMKM sedang tumbuh dan seharusnya mendapatkan perhatian baik dari segi permodalan dan sebagainya. Sehingga nantinya UMKM semakin maju dan bisa menjadi salah satu kekuatan perekonomian di Sumut," katanya.

Karena itu, tambahnya, melalui kegiatan itu diharapkan akan menjadi media promosi dan publikasi serta menjadi semangat bagi pelaku UMKM. Sehingga diharapkan dapat mendorong dan memberi semangat dalam meningkatkan kualitas produk masing-masing pelaku UMKM.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Sumut Drs M Zein Siregar MSi mengatakan, dengan diadakan pameran dan lomba produk unggulan UMKM diharapkan dapat menjadi sarana mempromosikan sehingga meningkatkan potensi pasar bagi pelaku UMKM.

Selain itu diharapkan mampu menarik perhatian pihak investor untuk berinvestasi di Sumut khususnya untuk permodalan UMKM di Sumut. "Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dan diikuti 50 peserta baik dari SKPD, BUMN, BUMD, Asosiasi, pelaku UMKM dan sebagainya. Sedangkan produk yang dipamerkan berupa produk kerajinan, perhiasan, makanan dan minuman, agribisnis, teknologi, industri dan lain-lain," jelasnya.

Dalam acara itu juga diserahkan  Sertifikat HAKI Merek dan Cipta bagi UMKM Sumut sebanyak 77 UMKM oleh Asisten 3 Zulkarnain disaksikan Kadiskop UKM Provsu M Zein Siregar.

Hadir dalam acara itu Kabid UMKM Rumerahwaty Berutu SE MSi, Kabid Bina Usaha Dr M Haikal Amal SH MH, Kabid Fasilitas Pembiayaan dan Sarana Salmek Saragih SH MH, Kabid Kelembagaan Mardiana br Sebayang SE MSi dan lainnya. (A14/ r)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments