Kamis, 18 Jul 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Operasi Pasar Bawang Putih Kementan Diserbu Pedagang di Enam Pasar Kota Medan

Operasi Pasar Bawang Putih Kementan Diserbu Pedagang di Enam Pasar Kota Medan

admin Rabu, 15 Mei 2019 11:07 WIB
SIB/Dok
LEPAS OP: Sekretaris Badan Ketahanan Pusat Kementan Pusat DR Riwantoro (kiri membelakangi lensa) saat melepas truk berisi bawang putih yang siap di OP di Pasar Petisah yang akan disebar ke pasar-pasar di Medan, Selasa (14/5).
Medan (SIB) -Kementerian Pertanian ( Kementan) menggelar operasi pasar (OP ) bawang putih sebanyak 28,9 ton ke enam pasar di Medan, Selasa (14/5 ) guna menstabilkan harga komoditi tersebut dengan harga Rp 25.000 per Kg di tingkat pedagang dan Rp 30.000 per Kg di tingkat konsumen.

OP tersebut dilepas Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Pusat mewakili Kementan RI DR Riwantoro di Pasar Petisah Medan dan seterusnya bawang putih itu disebar ke pasar-pasar di Medan dengan truk yang mengangkut antara 4 ton hingga 7 ton lebih.

Setibanya di masing-masing pasar, para pedagang yang sudah mendaftar Kamis pekan lalu di enam pasar itu langsung menyerbu bawang putih tersebut, sehingga laris manis.Masing-masing pedagang memeroleh 20 Kg, bahkan bisa lebih.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Utara HM Azhar Harahap melalui Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan Ir Safri Nasution didampingi Kasi Kerawanan Pangan Ivan Setyastiawan kepada SIB mengatakan, bawang putih itu tiba di Belawan sebanyak 28,9 ton. Setelah melalui pemeriksaan Karantina Belawan, komoditi tersebut dimasukkan ke dalam truk disebar ke enam pasar yang ada di Medan.

Safri merinci, bawang putih itu kemudian disebar ke Pasar Sukaramai sebanyak 4,4 ton, Pasar Palapa Pulobrayan 4,4 ton, Pasar Petisah 7,7 ton, Pasar Sei Sikambing 4 ton, Pusat Pasar 4,4 ton dan Pasar Simpanglimun 4,4 ton sehingga total 28,9 ton.

"Jadi lewat OP digelar di Medan, bawang putih dijual seharga Rp 25.000 per kg dan diharapkan sampai ke tingkat konsumen dijual seharga Rp 30.000 per kg", ujar Ivan menimpali.

Menurut Ivan, sebelum adanya operasi pasar tersebut harga bawang putih,Selasa (14/5) seperti di Simpanglimun Rp 50.000 per Kg, di Pasar Palapa Rp50.000, Petisah Rp 48.000 dan Pusat Pasar Rp 60.000 per Kg.

"Harapan kita semua tentunya harga yang sudah stabil ini dapat dipatuhi pedagang dengan menjual bawang putih ke konsumen Rp 30.000 per kg",ujar Safri Nasution.

Diketahui sebelumnya, harga bawang putih dalam beberapa hari ini sempat di atas Rp 70.000 per Kg di Medan sehingga menimbulkan keluhan konsumen . (M2/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments