Senin, 22 Apr 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Mendag Lepas Ekspor 700 Ton Baja ke Australia dan Sri Lanka

Mendag Lepas Ekspor 700 Ton Baja ke Australia dan Sri Lanka

admin Jumat, 01 Februari 2019 13:39 WIB
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita
Jakarta (SIB) -Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita melepas ekspor produk 300 ton baja struktur ke Sri Lanka dan 400 ton plat baja ke Australia. Baja yang diekspor ini diproduksi oleh PT Gunung Raja Paksi.

Peluncuran ekspor dilakukan di pabrik Gunung Raja Paksi, Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (31/1).

"Kenapa saya bisa datang ke peluncuran ekspor ini, yang diperoleh dari ekspor kita berarti sekali bagi devisa dan neraca perdagangan," kata pria yang akrab disapa Enggar tersebut dalam acara peluncuran ekspor.

Enggar mengungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar eksportir Indonesia bisa membuka pasar ke negara negara baru. Di sisi lain eksportir diharap tetap mempertahankan pasar yang sudah ada.

Dengan ekspor yang dilakukan, diinginkan agar defisit neraca perdagangan Indonesia bisa ditekan.

"Pak Jokowi mengatakan neraca perdagangan, yang juga diperintahkan buka pasar baru dan jaga pasar tradisional," sebutnya.

Menurut Enggar ekspor Indonesia menunjukkan perbaikan. Berdasarkan data yang disajikan Kementerian Perdagangan, ekspor besi dan baja Indonesia mengalami kenaikan cukup signifikan dari US$ 3,33 miliar pada 2017 menjadi US$ 5,75 miliar pada 2018 atau naik 72,4%.

"Kinerja ekspor Indonesia perlahan mulai menunjukkan performa yang cukup baik, dan Kemendag terus melakukan penyesuaian berbagai kebijakan dan regulasi," tambahnya. (detikfinance/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments