Selasa, 22 Okt 2019
  • Home
  • Ekonomi
  • Melemahnya Nilai Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat Berdampak Naiknya Elektronik

Melemahnya Nilai Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat Berdampak Naiknya Elektronik

Kamis, 09 Januari 2014 17:20 WIB
SIB/int
Ilustrasi
Medan (SIB)- Melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap mata uang Dollar Amerika Serikat saat ini berdampak pada naiknya harga sejumlah barang elektronik di Kota Medan. Meski hal itu belum berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat, namun para pedagang mengaku resah jika hal itu  berlangsung lama.

Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar pasti berdampak pada harga elektronik, sebab, beberapa komponen elektronik, khususnya komputer, merupakan barang impor, seperti dari Jepang. "Untuk besaran kenaikan, 10 persen hingga 20 persen," kata Asiang, salah satu penjual komputer, Rabu (8/1) di Jalan Asia Medan.

Kata Asiang, kenaikan harga elektronik itu dipicu oleh tingginya biaya operasional yang harus dikeluarkan para pengusaha komputer. Kenaikan biaya itu pun dikenakan ke harga produk, hingga menyebabkan kenaikan harga, mulai dari tingkat distributor serta konsumen. "Hingga  kini, kami masih mengkaji dan membahas angka kenaikan harga yang wajar dan akan disepakati, sambil mempelajari kondisi pasar serta koreksi nilai tukar rupiah," kata dia.

Berdasarkan pantauan SIB, pusat penjualan komputer di Milenium Plaza, dampak kenaikan kurs dolar terhadap rupiah sudah mempengaruhi harga sejumlah barang elektronik. Misalnya harga komputer jinjing dan aksesorinya, naik dalam kisaran 15 persen hingga 20 persen.

"Harganya mulai menyesuaikan dolar sejak pekan lalu. Karena ada beberapa produk yang menggunakan kurs dollar seperti merek Asus," kata Inda, dealer komputer di Milenium Plaza. "Awalnya, Asus Core i5 berkisar Rp 6,7 juta, kini mencapai Rp 7,1 jutaan dari harga dolarnya US$ 679." (A18/w)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments